Selasa 16 Februari 2021, 21:00 WIB

WHO telah Peringatkan Enam Negara di Afrika akan Potensi Ebola

Mediaindonesia.com | Internasional
WHO telah Peringatkan Enam Negara di Afrika akan Potensi Ebola

caritas.org
Ebola

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan enam negara Afrika untuk mewaspadai potensi kasus Ebola setelah wabah baru di Guinea dan Republik Demokratik Kongo.

Guinea mengumumkan wabah Ebola baru pada Minggu (14/2), kemunculan pertama penyakit itu di sana sejak wabah 2013-2016, sementara Republik Demokratik Kongo melaporkan kemunculan virus pada 7 Februari.

"Kami telah memperingatkan enam negara di sekitar, termasuk tentu saja Sierra Leone dan Liberia, dan mereka bergerak sangat cepat untuk mempersiapkan dan bersiap serta untuk mencari kemungkinan infeksi," kata juru bicara WHO Margaret Harris dalam sebuah pengarahan di Jenewa, Selasa (16/2).

Dia tidak menyebutkan negara lain. Harris menambahkan bahwa otoritas kesehatan telah mengidentifikasi hampir 300 kontak Ebola di wabah Kongo dan sekitar 109 di Guinea.

Pengurutan gen sampel Ebola dari Kongo dan Guinea untuk mempelajari lebih lanjut tentang asal-usul wabah baru dan mengidentifikasi strain sedang dilakukan, ujar dia. "Kami tidak tahu apakah ini disebabkan oleh Ebola yang bertahan dalam populasi manusia atau hanya berpindah lagi dari populasi hewan, tetapi pengurutan genetik yang sedang berlangsung akan membantu informasi itu," kata Harris. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Louisa GOULIAMAKI

Jelang Musim Wisata, Yunani Cabut Pembatasan Regional

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 13 Mei 2021, 10:12 WIB
Pariwisata mencakup lebih dari seperempat pendapatan tahunan Yunani. Karenanya, Athena berusaha meyakinkan dunia bahwa negara mereka telah...
AFP/ABBAS MOMANI

Singapura Desak Israel dan Palestina Redakan Ketegangan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 13 Mei 2021, 10:00 WIB
"Semua pihak memiliki tanggung jawab untuk menghentikan kekerasan dan melakukan yang terbaik untuk melindungi keselamatan dan keamanan...
AFP/ Andrew Harnik

Blinken Desak Abbas Minta Hamas Hentikan Serangan Roket

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 13 Mei 2021, 09:45 WIB
Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price menyebut Menlu AS menegaskan bahwa Palestina dan Israel memiliki hak kebebasan, keamanan,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya