Senin 08 Februari 2021, 07:40 WIB

Ekspor Inggris ke Uni Eropa Anjlok 68 Persen

Mediaindonesia.com | Internasional
Ekspor Inggris ke Uni Eropa Anjlok 68 Persen

AFP/ Paul ELLIS
Pekerja menyusun keju biru di Hartington Creamery dekat Matlock, Derbyshire Dales, Inggris. Sejak Inggris keluar dari UE, ekspor menurun.

 

EKSPOR dari Inggris ke Uni Eropa anjlok 68 persen pada Januari karena perdagangan terganggu setelah berakhirnya masa transisi keluarnya Inggris dari Uni Eropa, menurut sebuah badan perdagangan yang mewakili para pengangkut barang.

Pemerintah tidak mengonfirmasi data tersebut dan mengatakan gangguan di perbatasan telah minimal sejak Inggris menyelesaikan perjalanannya keluar dari lingkaran Uni Eropa pada 2020, menyusul kesepakatan tentang pengaturan perdagangan.
  
Sejak awal tahun, kalangan bisnis dan para pengangkut harus beradaptasi dengan pengaturan perdagangan baru, termasuk sistem baru untuk perusahaan dan petugas di provinsi Inggris di Irlandia Utara. Beberapa bisnis telah bergumul dengan deklarasi bea cukai dan sertifikat kesehatan baru ketika pandemi virus korona juga melanda perusahaan-perusahaan.
  
Anggota internasional di Asosiasi Pengangkutan Jalan (RHA) melaporkan penurunan ekspor 68 persen pada Januari, kata kelompok itu di Twitter.
  
"Saya merasa sangat frustasi dan jengkel karena para menteri memilih untuk tidak mendengarkan industri dan para ahli," kata Kepala Eksekutif RHA Richard Burnett kepada surat kabar The Observer. Pemerintah mengatakan pihaknya menangani sektor tersebut namun tidak mengakui angka yang diberikan tentang ekspor.

baca juga: Sektor Bisnis Bersiap Hadapi Transisi Brexit
  
"Berkat kerja keras para pengangkut dan pedagang untuk bersiap menghadapi perubahan, gangguan di perbatasan sejauh ini minimal dan pergerakan barang sekarang mendekati tingkat normal, meskipun ada pandemi covid-19," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan. (Ant/OL-3)

Baca Juga

AFP/TOM HARRISON

Royal Mint Inggris Ungkap Potret Koin Raja Charles III

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 September 2022, 14:08 WIB
Royal Mint Inggris pada hari Jumat meluncurkan patung resmi Raja Charles III yang akan muncul di koin setelah aksesi ke...
AFP/ Sean Rayford

Ribuan Orang Terjebak Banjir saat Badai Ian Menghantam Florida

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 September 2022, 14:05 WIB
Ribuan warga Florida yang terperangkap di tengah rumah-rumah yang terendam...
AFP/Oliver Contreras

Biden Tegaskan tidak akan Pernah Akui Aneksasi Ukraina oleh Rusia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 09:57 WIB
"Kehendak sebeneranya dari warga Ukraina terlihat jelas setiap hari saat mereka mengorbankan jiwa raga untuk mempertahankan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya