Rabu 03 Februari 2021, 19:23 WIB

Tiongkok Donasikan 10 Juta Vaksin ke WHO

Nur Aivanni | Internasional
Tiongkok Donasikan 10 Juta Vaksin ke WHO

AFP
Ilustrasi

 

TIONGKOK berencana untuk memberikan 10 juta dosis vaksin covid-19 ke program distribusi vaksin internasional yang didukung WHO, Covax.

Hal itu disampaikan Beijing pada Rabu ketika berusaha mengubah persepsi tentang perannya dalam pandemi.

Program Covax bertujuan untuk menyediakan dua miliar dosis vaksin, mengumpulkan dana dari negara-negara kaya dengan tujuan memastikan negara-negara yang lebih miskin dapat memvaksinasi petugas kesehatan mereka dan warga yang paling rentan.

Hal itu dilakukan atas dasar bahwa pandemi akan tetap menjadi ancaman global jika itu tidak ditangani di seluruh dunia.

 

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin, pada Rabu (3/2) mengatakan bahwa Tiongkok memutuskan untuk memberikan 10 juta dosis vaksin kepada Covax, terutama untuk memenuhi kebutuhan mendesak negara-negara berkembang.

 

Bulan lalu, kementerian luar negeri mengatakan bahwa tiga pembuat vaksin Tiongkok, Sinopharm, Sinovac dan CanSino, telah secara resmi mengajukan permohonan untuk dimasukkan dalam persediaan Covax.

 

Namun, Wang tidak mengatakan apakah permohonan tersebut telah disetujui.

 

Covid-19 pertama kali muncul di kota Wuhan, Tiongkok, dan negara itu telah menghadapi kritik atas penanganan awal wabah tersebut.

Beijing telah menandatangani perjanjian untuk memasok jutaan dosis yang disebut oleh para analis sebagai 'diplomasi vaksin' untuk mendapatkan niat baik di antara negara-negara miskin.

 

Sementara itu, negara tersebut telah meningkatkan kampanye vaksin di dalam negeri menjelang Tahun Baru Imlek. (AFP/OL-8)

 

Baca Juga

alamy.com

Universitas yang Didirikan Jack Ma Berganti Nama

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 01:09 WIB
Hupan University yang didirikan oleh pendiri raksasa e-dagang Alibaba, Jack Ma, berganti nama, demikian media Tiongkok, Selasa...
forbes.com

Maskapai Amerika Wajibkan Tes Covid-19 untuk Tujuan Italia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 00:19 WIB
Pemerintah Italia melonggarkan sejumlah pembatasan dan persyaratan perjalanan terkait COVID-19 dalam upaya meningkatkan pariwisata musim...
politico.eu

Emmanuel Macron Gelar KTT Bahas Pemulihan Ekonomi Afrika

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Mei 2021, 23:56 WIB
Untuk menemukan cara membiayai ekonomi Afrika yang dirugikan oleh pandemi COVID-19 dan membahas penanganan hutang miliaran dolar di benua...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berebut Fulus dari JAKARTA

Jawa Barat menjadi primadona pariwisata bagi warga Jakarta. Namun, sejak pembangunan jalan tol dan terhubung dengan tol trans-Jawa
menyebabkan fulus wisatawan Jakarta terbelah.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya