Rabu 20 Januari 2021, 23:52 WIB

Trump Tinggalkan 'Wasiat' untuk Biden

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Trump Tinggalkan

AFP
Ilustrasi - Donald Trump (kiri) dan Joe Biden (kanan)

 

DONALD Trump dilaporkan meninggalkan sebuah catatan untuk Presiden terpilih AS Joe Biden di Oval Office pada Rabu (20/1). Ini merupakan salah satu tradisi yang dilakukan oleh para presiden sebelum lepas dari jabatannya.

Trump tidak memasuki Oval Office tetapi meninggalkan pesan pada seorang ajudan sebelum meninggalkan kediaman eksekutif sekitar pukul 8 pagi, menurut seorang sumber yang mengetahui hal tersebut.

Baca juga: Jelang Biden Dilantik, Mahmakah Agung AS Diancam Diledakkan

Presiden Ronald Reagan memulai tradisi ini pada 1989 dengan meninggalkan pesan di Resolute Desk untuk George HW Bush, mengatakan kepada penerusnya tersebut bahwa dia berdoa untuk kesuksesannya.

Bush melakukan hal yang sama untuk Bill Clinton pada 1992, dengan menulis, "Aku mendukungmu.”

Tidak jelas apa yang disampaikan Trump kepada Biden, tetapi itu akan menjadi satu-satunya penyerahan antara kedua komandan tertinggi AS karena Trump memutuskan untuk tidak menghadiri pelantikan Biden. Dia akan menjadi presiden pertama dalam 152 tahun yang tidak menghadiri pelantikan penggantinya.

Sementara itu, Trump telah meninggalkan Gedung Putih. Dia diterbangkan di Marine One ke Joint Base Andrews di Maryland dan mengadakan upacara perpisahan.

"Anda adalah orang-orang yang luar biasa dan ini adalah negara yang hebat dan merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa untuk menjadi presiden Anda," ujar Trump dalam sambutannya.

Trump pun berjanji akan mengawasi dan mendengarkan bahwa masa depan AS akan baik. Dia juga berharap pemerintahan yang baru akan berhasil dan beruntung,

Setelah upacara di pangkalan militer, dia kemudian terbang ke Florida ke resor Mar-a-Lago miliknya. (Nypost/The Guardian/OL-6)
 

Baca Juga

DAVID ROWLAND / AFP

Auckland Kembali Lakukan Penguncian Wilayah

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 20:23 WIB
Pembatasan terbaru di Auckland tersebut akan berlangsung setidaknya tujuh hari dan terjadi kurang dari dua minggu setelah penutupan tiga...
AFP

Iran Sebut Serangan AS di Suriah Picu Terorisme di Kawasan

👤Ant 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 20:00 WIB
Serangan udara AS menarget fasilitas milik kelompok milisi yang berada di Suriah bagian Timur, perbatasan...
AFP

Temuan Kasus Korona, PM Selandia Baru Terapkan Lockdown di Aucklan

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 19:20 WIB
Selandia Baru telah dipuji secara luas atas penanganan pandeminya, dengan hanya 25 kematian dalam populasinya sebanyak lima juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya