Minggu 10 Januari 2021, 19:55 WIB

Kuba Uji Coba Vaksin Covid-19 di Iran

Nur Aivanni | Internasional
Kuba Uji Coba Vaksin Covid-19 di Iran

AFP
Seorang tenaga kesehatan di Iran mengikuti uji coba vaksin tahap pertama di negaranya pada Desember 2020.

 

PUSAT penelitian Finlay Vaccine Institute (IFV) pada Sabtu (9/1) mengatakan bahwa Kuba akan menguji kandidat vaksin virus koronanya di Iran.

IFV yang dikelola negara dan Institut Pasteur Iran menandatangani perjanjian di Havana yang akan melihat uji klinis Fase 3 di Iran. Itu dilakukan sebagai langkah yang lebih cepat untuk imunisasi terhadap covid-19 di kedua negara.

Berita itu datang setelah pemimpin tertinggi Iran pada Jumat (8/1) melarang impor vaksin yang diproduksi Amerika dan Inggris dengan mengatakan mereka sama sekali tidak bisa dipercaya.

Baca juga: Iran tidak Izinkan Uji Coba Vaksin Melibatkan Warganya

Ayatollah Ali Khamenei mengatakan dalam sebuah cuitan di media sosial, disertai dengan tagar #CoronaVaccine: "Bukan tidak mungkin mereka ingin mencemari negara lain".

Iran telah melaporkan lebih dari 1,2 juta kasus virus korona baru, yang telah menyebabkan lebih dari 56.000 kematian. Mereka menuduh musuh bebuyutan Amerika Serikat menghambat aksesnya ke vaksin melalui rezim sanksi yang keras.

Sovereign 02 adalah kandidat vaksin virus korona paling maju di negara itu, yang menunjukkan respons kekebalan dini (pada 14 hari), kata Direktur IFV Vicente Verez pada bulan lalu. Sulit untuk melakukan uji klinis Fase 3 di Kuba, katanya, karena wabahnya tidak seserius yang terjadi di banyak negara besar.(AFP/R-3)

Baca Juga

Ist

Presiden Singapura Apresiasi Peran SIF Jalin Kerja Sama Global

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 22:13 WIB
Presiden Singapura mengapresiasi SIF atas peran pentingnya dalam mendorong kerja sama internasional dan menjalin ikatan...
AFP/Mustafa Kamaci.

Erdogan: Hubungan Turki-Israel Tergantung Isu Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:36 WIB
Erdogan membuat pernyataan serupa dalam konferensi pers pekan lalu, mengatakan dalam menanggapi pertanyaan tentang Israel dan...
AFP/Mohammed Al-Shaikh.

Prancis Bebaskan Warga Saudi Dikira Tersangka Pembunuhan Khashoggi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:22 WIB
Pria itu, yang membawa paspor atas nama Khalid al-Otaibi, ditangkap oleh polisi perbatasan Prancis di bandara utama Paris pada Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya