Rabu 06 Januari 2021, 19:44 WIB

Lebih dari 600 Jurnalis Meninggal setelah Terpapar Covid-19

Widhoroso | Internasional
Lebih dari 600 Jurnalis Meninggal setelah Terpapar Covid-19

DOK MI
Ilustrasi

 

THE Press Emblem Campaign (PEC), sebuah organisasi kebebasan pers yang bermarkas di Jenewa, Swiss, menyatakan, tahun lalu lebih dari 600 jurnalis di seluruh dunia meninggal setelah terpapar Covid-19. Karena itu PEC menyerukan pekerja media untuk memiliki akses prioritas ke vaksin.

Dalam keterangannya, Rabu (6/1), PEC menyebutkan dari 602 pekerja media yang diketahui meninggal akibat Covid-19, lebih dari setengahnya berasal dari Amerika Latin, dengan 303 kematian. Peru memiliki angka kematian tertinggi dengan 93 kasus, diikuti Brasil (55), India (53), Meksiko (45), Ekuador (42), Bangladesh (41), Italia (37) dan Amerika Serikat (31). Sedangkan 145 kematian tercatat di Asia, 94 di Eropa, 32 di Amerika Utara dan 28 di Afrika.

PEC mengatakan tidak mungkin membedakan jurnalis yang terinfeksi saat bekerja dan daftar mereka juga termasuk pensiunan jurnalis. Kelompok ini mengatakan berkeyakinan jurnalis harus mendapat akses prioritas ke imunisasi Covid-19.

"Karena profesinya, jurnalis yang terjun ke lapangan beresiko terpapar virus tersebut. Beberapa dari mereka, khususnya freelancer dan fotografer, tidak bisa hanya bekerja dari rumah," kata Sekretaris Jenderal PEC Blaise Lempen dalam sebuah pernyataan.

PEC berkeyakinan jumlah jurnalis yang meninggal setelah terpapar Covid-19 sebenarnya akan lebih tinggi. Pasalnya, penyebab kematian jurnalis terkadang tidak ditentukan, tidak diumumkan, atau tidak ada informasi lokal yang dapat dipercaya. (AFP/R-1)

 

Baca Juga

AFP/Hector Retamal

Ledakan Bom di Bus Tewaskan Tujuh Orang di Kota Afghanistan

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 23 Januari 2022, 08:30 WIB
LEDAKAN bom di sebuah minibus menewaskan sedikitnya tujuh orang di daerah yang dihuni oleh komunitas minoritas Syiah di Kota Herat,...
dok.Ant

Prancis Setop Jual Akurium Mangkuk karena Bikin Ikan Gila

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 07:50 WIB
VENDOR akuarium Prancis terkemuka telah memutuskan untuk berhenti menjual akuarium mangkuk ikan berbentuk bundar, karena membuat ikan gila...
AFP

Panglima AL Jerman Mundur Atas Pernyataan Kontroversial Krisis Ukraina

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 23 Januari 2022, 07:20 WIB
KEPALA Angkatan Laut Jerman Kay-Achim Schoenbach telah mengundurkan diri menyusul pernyataan kontroversial mengenai krisis di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya