Kamis 31 Desember 2020, 21:44 WIB

Israel Sasar 50 Target di Suriah Sepanjang 2020

Mediaindonesia.com | Internasional
Israel Sasar 50 Target di Suriah Sepanjang 2020

AFP/Jalaa Marey
Pengangkut personel lapis baja Israel selama latihan militer di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi Israel, Rabu (30/12).

 

MILITER Israel berhasil menyasar sekitar 50 target di negara tetangga selama 2020. Laporan tahunan yang dirilis oleh Pasukan Pertahanan Israel tersebut tidak memberikan rincian tentang target yang diserang.

Namun Israel diyakini telah melancarkan ratusan serangan di Suriah sejak dimulainya perang saudara pada 2011. Mereka menargetkan pasukan pemerintah, pasukan sekutu Iran, dan pejuang dari kelompok Hizbullah Libanon.

Negara Yahudi itu secara konsisten berjanji untuk mencegah musuh bebuyutannya Iran mendapatkan pijakan di Suriah. Maklum, Teheran telah mendukung Presiden Bashar al-Assad selama perang hampir satu dekade.

Seorang juru bicara militer mengatakan kepada AFP, Kamis (31/12), bahwa angka dalam laporan itu benar per 20 Desember. Serangan terbaru di Suriah yang dituduhkan pada Israel terjadi Rabu, ketika tembakan rudal dari negara Yahudi menghantam posisi militer di dekat Damaskus, kantor berita Suriah SANA melaporkan, mengutip sumber militer.

SANA mengatakan satu tentara Suriah tewas dan tiga lainnya terluka. Militer Israel menolak mengomentari insiden tersebut.

Secara keseluruhan, pesawat tempur Israel menerbangkan 1.400 serangan operasional pada 2020, kata laporan itu, tanpa merinci lebih lanjut.

Mengenai konflik Palestina, laporan itu mengatakan 176 roket ditembakkan dari Jalur Gaza yang diperintah Hamas ke Israel, 90 di antaranya jatuh di lapangan terbuka. Dikatakan bahwa pertahanan rudal Israel telah mencegat 80 roket.

Israel dan Hamas telah berperang tiga kali sejak kelompok Islamis mengambil alih kekuasaan di Gaza pada 2007. Yang pertama terjadi pada Desember 2008, ketika Israel meluncurkan Operasi Cast Lead untuk menghentikan tembakan roket.

Itu berakhir dengan gencatan senjata pada Januari 2009, setelah 1.440 warga Palestina dan 13 warga Israel tewas. Pada Selasa, Hamas dan kelompok bersenjata lain melakukan latihan militer di Gaza, termasuk menembakkan roket ke laut, untuk menandai peringatan dimulainya konflik 2008. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Puluhan Pesawat Militer Tiongkok Masuki Wilayah Udara Taiwan

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 18:43 WIB
Serangan itu merupakan yang terbesar dalam setahun terakhir, dan terjadi saat Amerika Serikat memperingatkan Tiongkok karena semakin...
AFP/Jim Watson.

Joe Biden Sampaikan Salam Ramadan untuk Muslim di Seluruh Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 18:03 WIB
Dia mengatakan bahwa pada bulan Ramadan, di mana para umat Muslim menunaikan ibadah puasa, mereka yang memulai berpuasa di AS diingatkan...
AFP/William West.

Selandia Baru Wajibkan Bank Laporkan Dampak Bisnis terhadap Iklim

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 17:14 WIB
RUU tersebut, yang telah diperkenalkan ke parlemen negara tersebut, mengharuskan perusahaan keuangan untuk menjelaskan cara mereka...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya