Sabtu 19 Desember 2020, 02:20 WIB

Fiji Dilanda Topan Super Yasa, Dua Orang Tewas

Fiji Dilanda Topan Super Yasa, Dua Orang Tewas

AFP
Fiji Dilanda Topan Super Yasa

 

TOPAN super Yasa meratakan seluruh desa saat topan tersebut melanda Fiji, kata lembaga bantuan, kemarin. Terjangan topan tersebut menyebabkan dua orang meninggal.

Perdana Menteri Fiji Frank Bainimarama mengatakan dua kematian telah dikonfi rmasi, yaitu seorang pria berusia 45 tahun dan bayi berusia tiga bulan. “Sayangnya kami memperkirakan korban jiwa akan meningkat,” katanya.

Yasa mendarat di negara Kepulauan Pasifik pada Kamis malam, menghantam pulau terbesar kedua di Fiji, Vanua Levu. Badai tersebut  memicu banjir, tanah longsor, dan mati listrik sebelum bergerak ke laut pada kemarin pagi.

Zalim Hussein dari Savusavu, sebuah kota kecil dengan beberapa ribu orang di Vanua Levu, mengatakan dia merasa takut saat berlindung di rumah dalam kegelapan saat angin kencang mengoyak rumah-rumah di sekitarnya.

“Saya bisa mendengar atap rumah tetangga beterbangan, pohon tumbang dan ranting pohon patah di luar sana dan ombak besar menerjang pantai,” katanya kepada AFP.

“Kami semua takut dan saya pikir pada satu titik kami akan kehilangan rumah kami. Selama 65 tahun, saya belum pernah melihat yang seperti ini,” katanya.

Sebagian besar tempat tinggal di perdesaan Fiji terbuat dari kayu dan terpal besi, dan tidak dibuat untuk menahan angin. Topan Yasa diperkirakan membawa hembusan angin hingga 345 kilometer per jam (210 mil per jam).

“Ada beberapa desa yang melaporkan bahwa semua rumah telah hancur,” kata Kepala Save the Children Fiji, Shairana Ali, kepada AFP.

“Sebagian besar dari orang-orang ini bergantung pada pertanian untuk mata pencaharian mereka dan tanaman mereka telah hancur juga,” tambahnya.

Pihak berwenang sendiri sudah memberikan peringatan terkait badai selama sepekan terakhir, mendesak penduduk untuk berlindung dan mengevakuasi diri jika tinggal di pantai.

Status darurat bencana alam juga sudah diberlakukan sejak Kamis. Pihak berwenang pun dapat memberlakukan jam malam dan pembatasan gerak selama sebulan ke depan.

Yasa adalah badai Kategori Lima ketiga yang melanda Fiji sejak 2016, saat topan Winston menewaskan 44 orang dan menghancurkan puluhan ribu rumah. (Nur/AFP/I-1)

Baca Juga

Medcom.id

AS Tidak Yakin akan Kesepakatan Nuklir Iran

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:58 WIB
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah menyerukan penghentian pembicaraan, yang dilanjutkan pada hari Senin. Blinken menolak...
Medcom.id

Iran: Kesepakatan Nuklir Tergantung Niat Baik Pihak Barat

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:38 WIB
AS, yang secara sepihak menarik diri dari kesepakatan pada 2018, hanya berpartisipasi dalam pembicaraan secara tidak langsung atas desakan...
AFP/Abbas Momani.

Ketika Pengendara Mobil Israel Tersesat di Wilayah Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:34 WIB
Polisi mengidentifikasi salah satu orang Israel sebagai penduduk permukiman Shiloh di Tepi Barat. Satu lagi tinggal di kota Elad yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya