Kamis 17 Desember 2020, 02:00 WIB

Topan Zazu dan Yasa Ancam Pulau di Pasifik

Topan Zazu dan Yasa Ancam Pulau di Pasifik

AFP
Topan tropis Zazu dan Yasa landa Fiji

 

TOPAN tropis Zazu dan Yasa kini mengancam pulau-pulau di Pasifik. Pulau utama Fiji kemungkinan akan dilanda badai kategori lima untuk kedua kalinya tahun ini.

Topan Zazu termasuk sistem kategori satu dengan kecepatan angin hingga 90 km per jam. Sementara itu, Topan Yasa, yang berada di sekitar 550 km barat laut pulau utama Fiji, Viti Levu, telah ditingkatkan statusnya menjadi kategori lima dengan kecepatan angin hingga 270 km per jam.

Kantor meteorologi Fiji menjelaskan, awalnya topan Yasa bergerak lambat dengan kecepatan sekitar 8 km per jam, tetapi semakin lama akan semakin kuat.  “Sistemnya berukuran lebih dari 400 km,” kata direktur pelaksana kantor cuaca, Terry Atalifo, seperti dikutip harian The Guardian.

Hujan serta angin yang merusak diperkirakan akan terjadi selama berhari-hari. Pihak berwenang di Tonga dan Fiji telah mengimbau warga untuk bersiap menghadapi angin kencang dan banjir bandang. Kapal-kapal penangkap ikan telah diperintahkan kembali ke pelabuhan.

Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama, telah mendesak semua warga Fiji untuk mempersiapkan rencana evakuasi. “Kita semua harus bersiap sekarang untuk hujan lebat, angin kencang, dan banjir di seluruh negeri,” katanya.

Bainimarama menuturkan, warga Fiji harus menutup rumah mereka, mempersiapkan persediaan darurat, dan merencanakan rute ke pusat evakuasi terdekat.

Layanan meteorologi yang berbasis di Selandia Baru, Weatherwatch, mengatakan bahwa siklon kembar tidak mungkin bergabung, tetapi kedekatan mereka satu sama lain mempersulit perkiraan.

“Ini membuat agak sulit untuk mengetahui secara pasti seberapa dekat Yasa akan mencapai Fiji,” kata direktur pelaksana Weatherwatch, Philip Duncan.

Duncan mengatakan, diperkirakan akan turun hujan hingga 400 mm dan terjadi gelombang hingga 10 meter di lepas pantai barat Fiji. “Jika Anda berada di pulau yang sangat rendah, sekaranglah waktunya untuk keluar dari sana,” ungkapnya.
 

Wilayah Pasifik sebelumnya dilanda topan Harold pada April. Badai kategori lima itu meninggalkan jejak kehancuran di seluruh Kepulauan Solomon, Vanuatu, Fiji, dan Tonga. (Aiw/X-11)
 

Baca Juga

Ist

Presiden Singapura Apresiasi Peran SIF Jalin Kerja Sama Global

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 22:13 WIB
Presiden Singapura mengapresiasi SIF atas peran pentingnya dalam mendorong kerja sama internasional dan menjalin ikatan...
AFP/Mustafa Kamaci.

Erdogan: Hubungan Turki-Israel Tergantung Isu Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:36 WIB
Erdogan membuat pernyataan serupa dalam konferensi pers pekan lalu, mengatakan dalam menanggapi pertanyaan tentang Israel dan...
AFP/Mohammed Al-Shaikh.

Prancis Bebaskan Warga Saudi Dikira Tersangka Pembunuhan Khashoggi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:22 WIB
Pria itu, yang membawa paspor atas nama Khalid al-Otaibi, ditangkap oleh polisi perbatasan Prancis di bandara utama Paris pada Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya