Jumat 27 November 2020, 07:05 WIB

Militer Ethiopia akan Lancarkan Serangan ke Ibukota Tigray

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Militer Ethiopia akan Lancarkan Serangan ke Ibukota Tigray

AFP/ EDUARDO SOTERAS
Sebuah tank yang rusak ditinggalkan ketika Pasukan Khusus Amhara melewati kawasan Humera, Ethiopia, Minggu (22/11).

 

Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed telah memerintahkan pasukan militer federal untuk melancarkan serangan terakhir di ibu kota wilayah Tigray yang bergolak, usai 72 jam ultimatumnya bagi para pemimpin lokal pembangkang untuk menyerah berakhir.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di media sosial, Abiy mengatakan, perhatian besar akan diberikan untuk melindungi warga sipil yang tidak bersalah dari bahaya dan mengatakan bahwa pasukan pemerintah akan berupaya untuk memastikan bahwa kota Mekelle, yang berpenduduk 100 ribu jiwa, tidak rusak parah.

"Kami menyerukan kepada orang-orang Mekelle dan sekitarnya untuk melucuti senjata, tinggal di rumah dan menjauh dari target militer, serta untuk melakukan tugas mereka dalam mengurangi kerusakan yang harus dipertahankan karena segelintir unsur kriminal," kata Ahmed.

Baca juga: Mantan PM Sudan Meninggal karena Korona

Awal pekan ini, para pejabat militer memperingatkan, tidak ada ampun jika penduduk Mekelle tidak menjauhkan diri dari Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF), partai penguasa setempat.

Pemimpin TPLF Debretsion Gebremichael pada Selasa mengatakan bahwa rakyatnya siap mati untuk mempertahankan tanah air mereka.

Abiy melancarkan kampanye militer melawan TPLF pada 4 November, menuduh TPLF menyerang kamp-kamp militer federal di wilayah utara dan berusaha mengguncang negara itu.

Pemimpin berusia 44 tahun tersebut mengatakan, TPLF telah mengatur serentetan serangan kekerasan di seluruh Ethiopia untuk menggagalkan proses demokratisasi.

Para pejabat di Addis Ababa, ibu kota Ethiopia, menggambarkan serangan di Tigray sebagai operasi penegakan hukum yang bertujuan untuk menyingkirkan pemimpin pemberontak yang berkhianat dan memulihkan otoritas pusat. TPLF mengatakan, pihaknya mempertahankan hak-haknya yang sah di bawah sistem konstitusional Ethiopia yang dilimpahkan.

Ratusan, bahkan ribuan, telah tewas dalam konflik sejauh ini, dengan hingga satu juta orang mengungsi. Setidaknya satu pembantaian telah terjadi, dengan tuduhan kekejaman dilakukan terhadap kedua belah pihak.

Upaya menit-menit terakhir oleh Uni Afrika dan PBB untuk meredakan krisis gagal. Abiy pada Rabu (25/11) menolak campur tangan internasional.

PBB mengatakan, kekurangan telah menjadi sangat kritis di wilayah Tigray, dengan pesediaan bahan bakar dan uang tunai habis. Makanan untuk hampir 100 ribu pengungsi dari Eritrea akan habis dalam seminggu, menurut laporan yang dirilis semalam. Dan lebih dari 600 ribu orang yang mengandalkan jatah makanan bulanan belum menerimanya bulan ini.

Pemblokiran perjalanan begitu parah, bahkan di Mekelle, Program Pangan Dunia PBB tidak dapat mengangkut makanan dari gudang-gudangnya di sana.

Hubungan komunikasi dan perjalanan tetap terputus dengan wilayah Tigray sejak konflik pecah, dan Human Rights Watch memperingatkan bahwa tindakan yang dengan sengaja menghalangi pasokan bantuan melanggar hukum humaniter internasional.

PBB telah melaporkan orang-orang melarikan diri dari Mekelle, tetapi dengan terputusnya komunikasi, tidak jelas berapa banyak penduduk yang mengetahui serangan yang akan datang.

Kepala Komisi Hak Asasi Manusia Ethiopia mengatakan pada Kamis bahwa pihaknya akan sangat berhati-hati untuk menghindari kerugian sipil pada tahap konflik ini. (The Guardian/H-3)

Baca Juga

AFP/Tom Williams

Kandidat Menteri Perdagangan AS Janji Tegas terhadap Tiongkok

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:49 WIB
"Jika saya menjadi menteri, saya berencana bersikap sangat agresif untuk membantu Amerika bersaing dengan praktik-praktik tidak adil...
Stephane De Sakutin /AFP via Getty Images

Antony Blinken Disetujui Ditunjuk Sebagai Menteri Luar Negeri AS

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:39 WIB
Dari total 100 anggota Senat di lembaga yang dikuasai Partai Demokrat itu, sebanyak 78 suara amendukung dan 22 suara menolak pencalonan...
Alexander NEMENOV / AFP

Meksiko Mungkin Setujui Vaksin Covid-19 Rusia dalam Beberapa Hari

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:13 WIB
Wakil Menteri Kesehatan Meksiko Hugo Lopez-Gatell mengatakan pada Selasa (26/1) bahwa penggunaan darurat vaksin Sputnik V Covid-19 Rusia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya