Selasa 24 November 2020, 07:31 WIB

Biden Calonkan Mayorkas Jadi Menteri Keamanan Dalam Negeri AS

Nur Aivanni | Internasional
Biden Calonkan Mayorkas Jadi Menteri Keamanan Dalam Negeri AS

AFP/Brad Barket
Alejandro Mayorkas

 

PRESIDEN AS terpilih Joe Biden akan mencalonkan Alejandro Mayorkas menjadi menteri keamanan dalam negeri AS. Hal itu disampaikan oleh tim transisi Biden pada Senin (23/11).

Pencalonan Mayorkas yang merupakan pria kelahiran Kuba untuk memimpin Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengisyaratkan pembalikkan kebijakan anti-imigran di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump.

Mayorkas, yang merupakan mantan jaksa federal di California, menjabat sebagai wakil menteri keamanan dalam negeri AS (DHS) di pemerintahan Barack Obama-Joe Biden.

Mayorkas menjadi salah satu yang terpilih dalam kabinet pertama Biden ketika mantan wakil presiden dari Partai Demokrat itu bersiap untuk menjabat pada 20 Januari.

Jika dikonfirmasi oleh Senat AS, Mayorkas akan menjadi orang Latin pertama yang memimpin departemen yang dibentuk setelah serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat.

DHS, dengan sekitar 240.000 karyawan, bertanggung jawab atas keamanan perbatasan, penegakan imigrasi, keamanan siber, kesiapan dan bantuan bencana, dan mencakup Penjaga Pantai dan Dinas Rahasia AS, di antara portofolio lainnya.

Baca juga:  Joe Biden Hari ini Umumkan Anggota Pertama Kabinetnya

Dalam sebuah cuitan di akun Twitter-nya, Mayorkas mengatakan ketika ia masih sangat muda, AS menyediakan tempat perlindungan bagi dirinya dan keluarganya.

"Sekarang, saya telah dicalonkan untuk menjadi menteri DHS dan mengawasi perlindungan semua orang Amerika dan mereka yang melarikan diri dari penganiayaan untuk mencari kehidupan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai," katanya.

Perwakilan Demokrat Joaquin Castro, yang memimpin Kongres Kaukus Hispanik, menyebut Mayorkas sebagai pilihan yang luar biasa.

"Setelah kekejaman dan kehancuran yang ditimbulkan oleh pemerintahan Trump, Mayorkas memiliki mandat untuk merombak DHS," kata Castro.

"Sebagai mantan wakil menteri DHS dan pelaksana utama DACA, dia memiliki pengalaman yang diperlukan untuk mewujudkan reformasi yang sangat dibutuhkan," tutur Castro.(CNA/AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP

Cegah Serangan Internal, Ribuan Pasukan Garda Nasional Diperiksa

👤Nur Aivanni 🕔Senin 18 Januari 2021, 15:06 WIB
Upaya itu dilakukan FBI jelang pelantikan Presiden AS terpilih Joe Biden. Ancaman serangan orang dalam menyusul aksi protes pro-Trump, yang...
EON HEON-KYUN / POOL / AFP

Moon Jae-in Minta Joe Biden Lanjutkan Pembicaraan AS-Korea Utara

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Januari 2021, 13:46 WIB
Joe Biden diminta mengadakan pembicaraan dengan Korea Utara untuk membangun kemajuan yang telah dibuat oleh Presiden Donald Trump dan...
Dok.Ist

Dubes RI di Jepang Dukung Giat Forum Bisnis Baru Bersama

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Januari 2021, 12:50 WIB
Selanjutnya mereka diharapkan kembali ke Indonesia dengan keberhasilan membawa ilmu pengetahuan serta modal dari kerja di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya