Kamis 29 Oktober 2020, 08:49 WIB

Aljazair Resmikan Masjid Terbesar di Afrika

Basuki Eka Purnama | Internasional
Aljazair Resmikan Masjid Terbesar di Afrika

AFP/RYAD KRAMDI
Masjid Djamaa el Djazair di Algiers, Aljazair.

 

MASJID Agung Aljazair, masjid terbesar di Afrika dan terbesar ketiga di dunia, menggelar salat untuk pertama kali, Rabu (28/10), setahun setengah setelah pembangunannya diselesaikan.

Dikenal secara lokal dengan nama Djamaa El-Djazair, struktur modern itu berada di area seluas 27,75 hektare. Masjid itu hanya kalah dari dua masjid di Mekah dan Madinah, kota tersuci bagi umat Islam, di Arab Saudi.

Baca juga: Presiden Aljazair Dipindahkan ke RS Jerman

Bagi penentangnya, masjid itu adalah proyek mercusuar dan simbol dari sikap megalomania mantan pemimpin Aljazair Abdelaziz Bouteflika, yang digulingkan pada April tahun lalu lewat aksi demonstrasi jalanan.

Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune seharusnya meresmikan masjid berkapasitas 120 ribu orang itu pada Rabu (28/10) di peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Namun, peran Tebboune digantikan oleh Perdana Menteri Abadelmadjid Djerad karena presiden itu dirawat di rumah sakit karena covid-19. (AFP/OL-1)

Baca Juga

ASHRAF SHAZLY / AFP

PM Ethiopia Klaim Pertempuran di Tigray Selesai

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 29 November 2020, 08:32 WIB
Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed  mengatakan bahwa operasi militer di wilayah Tigray selesai setelah tentara mengklaim kendali...
MI/Pius Erlangga

Pertukaran Pemuda Untuk Tingkatkan SDM dan Diplomasi

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 29 November 2020, 07:34 WIB
Program pemuda internasional ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, namun juga untuk mendukung...
AUDU MARTE / AFP

Boko Haram Kembali Bunuh 43 Buruh Tani

👤Siswantini Suryandari 🕔Minggu 29 November 2020, 06:36 WIB
Kelompok pejuang  Boko Haram menewaskan sedikitnya 43 buruh tani  dan melukai enam lainnya di sawah dekat kota Maiduguri di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya