Selasa 20 Oktober 2020, 18:32 WIB

Imbas Pemenggalan Guru, Otoritas Prancis Tutup Masjid Paris

Faustinus Nua | Internasional
Imbas Pemenggalan Guru, Otoritas Prancis Tutup Masjid Paris

AFP
Aks protes pemenggalan guru di Prancis

 

OTORITAS Prancis mengatakan pada Selasa (20/10) akan menutup masjid Paris sebagai bagian dari tindakan keras terhadap Islam radikal. Otoritas setempat etelah menangkap belasan orang menyusul pemenggalan kepala seorang guru karena menunjukkan kartun Nabi Muhammad kepada murid-muridnya.

Masjid di pinggiran kota padat penduduk di timur laut Paris telah menyebarkan video di halaman Facebooknya beberapa hari sebelum pembunuhan mengerikan pada Jumat. 

Unggahan itu mencerca pilihan materi guru Samuel Paty untuk diskusi kelas tentang kebebasan berekspresi, kata sumber yang dekat dengan penyelidikan.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan masjid di Pantin, yang memiliki sekitar 1.500 jamaah, akan ditutup pada Rabu malam selama enam bulan ke depan.

Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin, yang pada Senin bersumpah bahwa "tidak akan ada jeda satu menit pun bagi musuh-musuh Republik". 

Dia telah meminta otoritas regional untuk melakukan penutupan masjid. Pada Senin (19/10), polisi melancarkan serangkaian penggerebekan yang menargetkan jaringan Islam.

Paty, 47, diserang dalam perjalanan pulang dari sekolah menengah pertama tempat dia mengajar di Conflans-Sainte-Honorine, 40 km barat laut Paris. 

Foto guru dan pesan yang mengakui pembunuhannya ditemukan di ponsel pembunuhnya, Chechen Abdullakh Anzorov yang berusia 18 tahun, yang juga memposting gambar tubuh yang dipenggal di Twitter.(OL-8)

Baca Juga

AFP/Olivier DOULIERY

Ketua IAEA Kecewa Teheran Tunda Pertemuan Nuklir

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 07:15 WIB
Grossi mengaku dia masih menunggu perundingan tingkat tinggi dengan pejabat Iran di Teheran seperti telah direncanakan sejak September...
Ludovic MARIN / AFP

Lama menghilang, Jack Ma sedang Studi Tur di Spanyol

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 21:41 WIB
Ma sedang berada di Spanyol mengikuti studi tur pertanian dan teknologi yang berkaitan dengan isu lingkungan, berdasarkan laporan mengutip...
AFP/Kamil Krzaczynski.

Amerika Serikat Izinkan Vaksinasi Covid-19 Ketiga dari Merek Berbeda

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 21:24 WIB
FDA mungkin membuat pengumuman pada Rabu (20/10) ketika juga diharapkan untuk mengesahkan booster untuk vaksin Moderna dan Johnson &...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya