Rabu 19 Agustus 2020, 06:22 WIB

Chrystia Freeland Menkeu Perempuan Pertama Kanada

Siswantini Suryandari | Internasional
 Chrystia Freeland Menkeu Perempuan Pertama Kanada

Sean KILPATRICK / POOL / AFP
Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland

 

PERDANA Menteri Justin Trudeau menunjuk Chrystia Freeland untuk menjadi menteri keuangan perempuan pertama Kanada pada hari Selasa (18/8) ketika skandal etika yang memotong sayap pendahulunya bergema di pemerintahan. Freeland menerima tepuk tangan meriah setelah dilantik pada sebuah upacara kecil di Ottawa. Para tamu menjaga jarak secara sosial, mengenakan masker wajah, dan Freeland menyambut Trudeau dengan benturan siku setelah mengambil sumpah jabatan. 

Freeland, 52, telah memegang jabatan penting di pemerintahan Liberal termasuk wakil perdana menteri dan menteri luar negeri. Serta memimpin pembicaraan perdagangan dengan Meksiko dan AS. Mantan jurnalis, yang pertama kali terpilih pada tahun 2015, mengambil posisi jabatan teratas  di kementerian keuangan saat Kanada mengalami krisis ekonomi terburuk sejak Perang Dunia Kedua.

"Saya pikir semua warga Kanada memahami bahwa memulai kembali ekonomi kita harus ramah lingkungan, harus adil (dan) harus inklusif," katanya.

Freeland menggantikan Bill Morneau yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri keuangan pada  Senin (17/8), setelah berselisih paham dengan Perdana Menteri Justin Trudeau terkait pengeluaran selama masa pandemi covid-19.

Sumber: https://mediaindonesia.com/read/detail/337511-menteri-keuangan-kanada-mengundurkan-diri

baca juga: Menteri Keuangan Kanada Mengundurkan Diri

Dikutip AFP, Perdana Menteri Justin Trudeu kemudian mengumumkan penangguhan parlemen hingga 23 September akibat krisis ekonomi dan hilangnya kepercayaan parlemen kepada pemerintah. Trudeau tidak menginginkan adanya pemilihan lagi. Ia akan bekerja keras dengan menteri keuangan yang baru itu untuk mengurai agenda pemerintah agar bisa membangun kembali perekonomian masyarakat lebih baik. 

"Dan kami perlu menyampaikannya kepada parlemen dan mendapatkan kepercayaan dari arlemen untuk melanjutkan rencana ambisius ini," kata Trudeau. (OL-3)

Baca Juga

AFP

Jerman Juga Menuntut Alexei Navalny Segera Dibebaskan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Januari 2021, 23:30 WIB
Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas menuntut kritikus pemerintah Rusia, Alexei Navalny, untuk segera...
paho.org

Johnson & Johnson Janjikan 9 Juta Vaksin untuk Afrika Selatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Januari 2021, 23:00 WIB
Negara itu telah mencatat lebih dari 1,3 juta kasus infeksi korona dan lebih dari 37.000 kematian akibat Covid-19, yang merupakan jumlah...
ultimate-ski.com

Varian Baru Virus Korona Serang Resor Mewah di Swiss

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Januari 2021, 22:35 WIB
St Moritz adalah kota berpenduduk 5.200 orang yang membanggakan dirinya sebagai tempat kelahiran olahraga musim dingin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya