Minggu 02 Agustus 2020, 23:18 WIB

Inggris Ingin Cetak Uang Logam Bergambar Mahatma Gandhi

Antara | Internasional
Inggris Ingin Cetak Uang Logam Bergambar Mahatma Gandhi

Guardian.com
Mahatma Gandhi

 

Inggris sedang mempertimbangkan mencetak uang logam untuk mengenang pahlawan kemerdekaan India Mahatma Gandhi, Kantor Perbendaharaan mengatakan pada Sabtu, di tengah kepentingan yang sedang tumbuh dalam mengakui sumbangan kelompok minoritas.

Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak meminta Komite Penasihat Pencetakan Uang Kerajaan (RMAC) untuk melanjutkan memberi pengakuan terhadap tokoh-tokoh Kulit Hitam, Asia atau kelompok minoritas lainnya, kata Kantor itu.

"RMAC kini sedang mempertimbangkan mencetak satu uang logam untuk mengenang Gandhi," Kantor Perbendaharaan Inggris mengatakan dalam pernyataan yang dikirim lewat surel.

Mahatma Gandhi adalah pejuang kemerdekaan India sekaligus tokoh anti kekerasan yang sangat dikagumi bukan saja oleh warga India tapi juga orang di seluruh dunia.

Film yang menokohkan perjuangannya sejak berkarier sebagai pengacara di Afrika Selatan untuk membela kaum marginal hingga kematiannya akibat dibunuh oleh pengikutnya yang fanatik, yang dibuat sutradara Inggris Richard Attenborough pada 1982 menyabet Piala Oscar untuk sejumlah kategori.

Gandhi adalah tokoh dunia yang saat ini dikecam oleh novelis India Arundhati Roy, yang menilai bahwa Gandhi termasuk politikus yang melanggengkan sistem kasta dalam masyarakat Hindu.

Namun kritik Roy, yang popularitasnya melejit lewat novelnya The God of Small Things yang meraih anugerah Booker Prize, tak mengurangi kebesaran Gandhi di mata warga dunia. (OL-19)

Baca Juga

JOSHUA ROBERTS / AFP

Pembawa Acara TV dan Radio Legendaris Larry King Tutup Usia

👤Adiyanto 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 22:50 WIB
lKing telah berjuang melawan covid-19 selama berminggu-minggu dan telah menderita beberapa masalah kesehatan dalam beberapa tahun...
 ANTARA Foto/Faizal

Malaysia Catat Angka Tertinggi Covid-19 Sebanyak 4.275 Kasus

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 21:28 WIB
Negara Bagian Selangor terus mencatatkan penambahan kasus harian tertinggi yaitu sebanyak 1.421 dalam tempo 24...
AFP/NICOLAS ASFOURI

Setahun Paska Penguncian Wilayah di Wuhan

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 18:00 WIB
Di Tiongkok, pihak berwenang telah melaporkan kurang dari 5.000 kematian akibat virus itu, sebagian besar dari Wuhan pada awal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya