Senin 13 Juli 2020, 20:18 WIB

Menang Pilpres Polandia, Andrzej Duda Lanjutkan Kepemimpinan

Faustinus Nua | Internasional
Menang Pilpres Polandia, Andrzej Duda Lanjutkan Kepemimpinan

AFP/Janek Skarzynksi
Presiden Polandia Andrzej Duda merayakan kemenangannya di Pilpres Polandia

 

ANDRZEJ Duda akan kembali memimpin Polandia untuk 5 tahun ke depan usai ditetapkan sebagai pemenang dalam putaran kedua Pilpres Polandia, Minggu (12/7) waktu setempat. Duda menang atas rivalnya dari Partai Libertal Erophile Rafal Trzaskowski.

Dikutip France24, dengan 99,97% surat suara yang sudah dihitung, komisi pemilihan nasional mengatakan Duda mengantongi 51,21% suara. Sementara lawannya yang merupakan Walikota Warsawa memperoleh 48,79% suara.

Pemilihan itu berlangsung dalam persaingan yang ketat. Lantaran perolehan suara yang sangat tipis antara kedua kandidat tersebut.

Pemilihan kali ini juga menjadi salah satu pemilihan dengan hasil terdekat dalam sejarah Polandia. Hal itu mencerminkan perpecahan yang mendalam di negara Uni Eropa ini.

Baca juga : Turki akan Beritahu UNESCO Soal Hagia Sophia

Pilpres Polandia sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada Mei lalu, tapi harus ditunda akibat pandemi dan perselisihan politik yang sengit di sana.

Kemenangan Duda pun mengakhiri kampanye sengit keduanya yang didominasi isu budaya. Media pemerintah dan gereja Katolik turut mendukungnya untuk melanjutkan masa jabatan periode kedua itu.

Duda yang diusung oleh partai sayap kanan Hukum dan Keadilan berkampanye tentang nilai-nilai tradisional dan pengeluaran sosial di negara yang sebagian besar penduduknya beragama Katolik.

Dalam beberapa minggu terakhir sebelum pemiliham, Duda melakukan manuver untuk mencari suara. Dia menggunakan hak-hak gay sebagai tema utama, mengecam gerakan hak-hak LGBT sebagai ideologi yang lebih buruk daripada komunisme.(France24/OL-7)

Baca Juga

AFP/Khaled Desouki

Mesir Luncurkan Vaksinasi Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 25 Januari 2021, 04:40 WIB
Negara terpadat di wilayah Arab itu menerima gelombang pertama vaksin Sinopharm pada Desember...
AFP

11 Penambang Diselamatkan setelah Dua Minggu di Bawah Tanah

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 25 Januari 2021, 03:45 WIB
Petugas penyelamat membungkus pria itu dengan selimut sebelum membawanya ke rumah sakit dengan...
AFP/-

Vaksinasi Massal Iran Digelar Beberapa Minggu Lagi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 00:30 WIB
Otoritas di Kuba pada awal Januari meneken perjanjian dengan Iran untuk alih teknologi pengembangan vaksin. Kuba juga akan menggelar uji...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya