Selasa 02 Juni 2020, 13:30 WIB

Lockdown Berakhir, Yunani Mulai Kembali ke Keadaan Normal

Nur Aivanni | Internasional
Lockdown Berakhir, Yunani Mulai Kembali ke Keadaan Normal

AFP/SAKIS MITROLIDIS
Seorang pekerja membersihkan kolam renang umum di Thessaloniki pada 1 Juni 2020 ketika lockdown sudah dicabut (1/6/2020)

 

Pada Senin (1/6), Yunani mengambil langkah ke keadaan normal dengan membuka kembali sekolah dasar dan taman kanak-kanak. Selain itu, bioskop terbuka, hotel, dan kolam renang juga dibuka kembali setelah ditutup sejak Maret sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran virus covid-19.

Penguncian wilayah atau lockdown yang berlangsung dari 23 Maret hingga 4 Mei terbukti membantu meratakan kurva dan dalam beberapa minggu terakhir. Alhasil kehidupan ekonomi dan sosial secara bertahap kembali normal.

Ketika musim pariwisata musim panas akan dimulai dalam beberapa pekan mendatang, pemerintah memberikan informasi lebih lanjut tentang kondisi di mana Yunani akan menyambut wisatawan.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata telah mengumumkan daftar pertama dari 29 negara, termasuk Tiongkok, yang bisa mengirimkan wisatawan ke Yunani pada 15 Juni ke bandara Athena dan Thessaloniki.

Daftar tersebut disusun berdasarkan data epidemiologi dan pengumuman Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA), mengikuti rekomendasi dari para ilmuwan Yunani. Para pelancong hanya akan menjalani pengujian sampel covid-19 pada saat kedatangan.

Baca juga: Aksi Protes Floyd, KBRI Washington DC Pastikan Kondisi WNI Aman

Selain itu, Yunani juga terbuka bagi pengunjung dari negara lain pada pertengahan Juni. Tetapi setidaknya sampai 30 Juni, semua wisatawan yang berasal dari bandara pada daftar EASA yang daerahnya terdampak dengan risiko tinggi penularan covid-19, kata Menteri Pariwisata Harry Theocharis kepada kantor berita nasional Yunani, AMNA, wajib diuji pada saat kedatangan dan harus menghabiskan satu malam di hotel yang ditunjuk.

Jika hasilnya negatif, lanjut Theocharis, maka penumpang harus melakukan karantina sendiri selama 7 hari.

"Jika hasilnya positif, penumpang dikarantina di bawah pengawasan selama 14 hari. Otoritas Yunani akan fokus pada bandara keberangkatan dan bukan kewarganegaraan para pelancong," jelasnya.

Kedatangan perbatasan darat dari Albania, Makedonia Utara, dan Bulgaria akan diizinkan pada 15 Juni. Menurut pernyataan pers Kementerian Luar Negeri, turis akan dites secara acak pada saat kedatangan.

Pada 1 Juli, penerbangan internasional diizinkan masuk ke semua bandara di Yunani dan akan ada tes secara acak pada wisatawan saat kedatangan. Sementara pembatasan tambahan terkait negara-negara tertentu akan diumumkan di kemudian hari.

Kedatangan melalui jalur laut juga akan diizinkan pada 1 Juli. Tes secara acak akan diberlakukan pada pelancong saat kedatangan.

Kementerian menambahkan bahwa Yunani memiliki hak untuk mengubah aturan di atas dengan mempertimbangkan keadaan yang berubah.

Menurut data terbaru tentang penyebaran covid-19 di Yunani yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Masyarakat Nasional (EODY) pada Senin, ada 2.918 kasus yang dikonfirmasi tercatat secara nasional sejak 26 Februari ketika infeksi pertama covid-19 didiagnosis.

Korban meninggal sebanyak 179 orang dan total ada 180.518 tes yang telah dilakukan oleh Yunani. (Xinhua/OL-14)

Baca Juga

AFP

Zelensky Umumkan Lyman Bebas dari Serdadu Moskow

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:03 WIB
Perebutan kembali Lyman telah menjadi cerita paling populer di media, kata Zelensky dalam pidato Minggu...
AFP/RICARDO ARDUENGO

Tim Penyelamat Temukan 54 Korban Badai Ian

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 15:50 WIB
Banyaknya ruas jalan yang terendam banjir dan hanyutnya sejumlah jembatan membuat akses menuju beberapa wilayah Florida...
AFP/	SERGEI KARPUKHIN

Putin Minta Kyiv Kembali ke Meja Perundingan

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 10:52 WIB
"Masyarakat sudah menentukan pilihan, pilihan tegas ini adalah kehendak jutaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya