Jumat 22 Mei 2020, 21:40 WIB

Ilmuwan Prediksi Kematian di Afsel Akibat Pandemi 50 Ribu Kasus

Antara | Internasional
Ilmuwan Prediksi Kematian di Afsel Akibat Pandemi 50 Ribu Kasus

Antara
Warga mengantri untuk menerima bantuan makanan di tengah penyebaran penyakit virus korona.

 

SEBUAH kajian ilmiah menunjukkan, pada Kamis (21/5), bahwa Afrika Selatan mungkin mengalami hingga 50.000 kasus kematian akibat Covid-19 dan tiga juta kasus infeksi hingga akhir tahun ini seiring dengan kondisi musim dingin yang meningkatkan angka penularan.

Afrika Selatan sudah menjadi negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi di Benua Afrika, dengan sekitar 18.000 kasus infeksi dan 339 kasus kematian hingga saat ini, sekalipun karantina wilayah pekan ke-8 cukup bisa menahan laju penyebaran.

Walaupun demikian, para ilmuwan dan ahli statistika yang ditugaskan oleh kementerian kesehatan untuk membuat model penyebaran penyakit di negara itu bisa mencapai 35 ribu sampai 50 ribu kasus kematian akibat Covid-19 per November.

"Kita belum melandaikan kurvanya. Selain itu, kami juga menaruh perhatian akan kemungkinan meningkatnya penyakit lain seperti HIV dan TBC karena kita sedang fokus pada Covid-19," kata Harry Moultrie, salah satu ilmuwan yang terlibat kajian tersebut.

Model penyebaran Covid-19 yang mempertimbangkan skenario terbaik dan terburuk itu juga menunjukkan bahwa karantina wilayah telah menurunkan angka infeksi sebesar 60%, dan sejak awal Mei ketika aturan dilonggarkan, penurunannya menjadi 30%.

"Dengan karantina wilayah, kita membentuk semacam penghalang fisik yang mencegah virus itu dapat berpindah. Karantina wilayah ini mempunyai nilai khusus. Dan saat ini kami beralih ke strategi yang agak berbeda, yakni pendekatan penyesuaian risiko," kata Menteri Kesehatan Zweli Mkhize. (OL-12)

Baca Juga

MI/ADAM DWI

Kemlu: BNPB Berperan Penting dalam Fasilitasi Internasional

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 20:50 WIB
BNPB telah berperan aktif dalam membantu adanya fasilitasi...
AFP/Jaafar Ashtiyeh

Bahrain Tolak Produk Impor dari Permukiman Ilegal Israel

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 19:40 WIB
Bahrain dan Uni Emirat Arab meresmikan hubungan dengan Israel pada 15 September di bawah kesepakatan yang disponsori Amerika...
AFP/Patrick Semansky

Qatar Anggap Perjanjian Abraham tidak Membantu Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 18:15 WIB
Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani juga menyampaikan masalah Palestina harus menjadi inti dari perjanjian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya