Jumat 24 April 2020, 00:40 WIB

RI-Jepang Kerja Sama Atasi Virus Korona

RI-Jepang Kerja Sama Atasi Virus Korona

ANTARA
Presiden RI Joko Widodo

 

PEMERINTAH Indonesia dan Jepang sepakat bahwa penanganan wabah virus korona (covid-19) merupakan tantangan utama dan akan berkolaborasi erat untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Hal itu terungkap dalam telewicara Perdana Menteri Jepang Abe Shinzo dengan Presiden Joko Widodo yang berlangsung selama kurang lebih 20 menit, kemarin. Menurut rilis Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Presiden Jokowi pada awal pembicaraan berterima kasih kepada pemerintah Jepang atas bantuan selama ini, termasuk kerja sama dalam proses evakuasi awak kapal asal Indonesia di kapal pesiar Diamond Princess dan penanganan wabah covid-19.

Sementara itu, PM Abe dalam kesempatan tersebut ikut menyampaikan rasa belasungkawa atas wafatnya almarhumah ibunda Presiden Jokowi. Selain itu, PM Abe juga menyampaikan rasa hormat kepada Presiden Joko Widodo karena rakyat Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, sedang bersatu memerangi wabah covid-19.

Selanjutnya, Perdana Menteri Abe menjelaskan upaya-upaya yang diambil pemerintah Jepang selama ini untuk mengatasi wabah Covid-19 di negaranya. PM Abe juga mengatakan bahwa pemerintah Jepang telah memberi bantuan teknis kepada tenaga medis Indonesia serta bantuan material terhadap sarana medis di Indonesia melalui organisasi internasional, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan Jepang. Perdana Menteri Abe meminta kerja sama Presiden Joko Widodo untuk memastikan keamanan dan perlindungan warga negara Jepang yang berdomisili di Indonesia serta stabilitas operasional perusahaan Jepang. Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan kesediaan untuk bekerja sama.

Selain itu, Perdana Menteri Abe juga meminta kerja sama dari Indonesia agar peralatan medis, termasuk gaun medis, dapat diekspor ke Jepang secara stabil. (RO/X-11)

Baca Juga

AFP/Andrej Ivanov

Trudeau akan Umumkan Pemerintahan Baru Kanada pada 26 Oktober

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 10:15 WIB
Trudeau mengindikasikan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Chrystia Freeland akan tetap...
AFP/FREDERICK FLORIN

Kepala Diplomatik Uni Eropa Siap Bertemu Iran

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 09:30 WIB
"Saya mengetahui Iran ingin melanjutkan perundingan dengan saya dan sejumlah anggota...
AFP/Robyn BECK

Bill Clinton akan Dirawat di RS Semalam Lagi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 08:15 WIB
Urena mengatakan mantan presiden AS berusia 75 tahun itu menunjukkan hasil positif terhadap perawatan infeksi darah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya