Jumat 17 April 2020, 09:01 WIB

​​​​​​​Malaysia Tingkatkan Pemeriksaan Covid-19 pada Lansia

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
​​​​​​​Malaysia Tingkatkan Pemeriksaan Covid-19 pada Lansia

AFP/Mohd Rasfan
Penduduk berdiri di balkon gedung apartemen Malayan Mansion yang ditutup setelah kasus orang terinfeksi covid-19 di Kuala Lumpur, Rabu (8/4)

 

KEMENTERIAN Kesehatan Malaysia bekerja sama dengan beberapa lembaga swadaya masyarakat dan lembaga pemerintah lainnya akan melakukan penyaringan covid-19 pada residen rumah lansia dan pekerja asing.

Direktur jendral kesehatan Datuk Noor Hisham Abdullah mengatakan, kementerian bekerja sama dengan Departemen Kesejahteraan Sosial (JKM) dalam menyaring penghuni rumah orang lansia, terutama yang ramai, karena kelompok usia ini adalah yang paling rentan terhadap infeksi.

Mengenai pekerja asing, ia mengatakan agen seperti Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) dan Medical Relief Society Malaysia (MERCY Malaysia) telah melangkah maju untuk membantu dalam upaya melacak dan menyaring mereka.

"Kami menyadari sejulah pekerja asing tidak keluar, jadi kami harus bekerja sama dengan beberapa LSM. Kami akan terus meningkatkan layanan kami dalam hal menyaring, melacak, menguji, mengisolasi, dan merawat mereka,” ujarnya, Jumat (17/4).

"Sejauh ini kami belum melihat formasi klaster di antara pekerja asing," imbuhnya dalam jumpa pers harian tentang Covid-19.

Baca juga: Trump Sebut Ada Tiga Tahapan untuk Akhiri Lockdown

Dia mengatakan kementerian telah menyaring 465 pekerja asing di Pasar Borong Selayang dan hanya tiga persen atau 13 dari mereka yang dinyatakan positif covid-19.

Kementerian akan terus memantau daerah-daerah berisiko tinggi, terutama tempat ada populasi besar pekerja asing, tandasnya. (Bernama/A-2)

Baca Juga

Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP

Presiden Jokowi akan Bertemu Zelensky dan Putin, HMI: Langkah Sangat Tepat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:22 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan dua pemimpin negara yang sedang berperang, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan...
AFP

Hadapi Krisis Global, PBB Siapkan Dana Rp311 Miliar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:22 WIB
Di tengah ancaman krisis pangan hingga keuangan, 70 negara telah mengajukan proposal bantuan kepada PBB, dengan 69 negara di antaranya...
Eva Marie UZCATEGUI / AFP

NASA tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Sistem Tenaga Nuklir di Bulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 15:00 WIB
Ketiga perusahaan tersebut antara lain Lockheed Martin dari Maryland, Westinghouse dari Cranberry Township, Pennsylvania serta IX dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya