Kamis 26 Desember 2019, 09:15 WIB

Iran, Rusia dan Tiongkok Siap Gelar Latihan Militer Bersama

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Iran, Rusia dan Tiongkok Siap Gelar Latihan Militer Bersama

AFP
Militer Iran akan melakukan latihan militer bersama Rusia dan Tiongkok pada Sabtu (28/12/2019) di Selat Hormuz.

 

ANGKATAN bersenjata Iran akan mengadakan latihan bersama selama empat hari bersama Rusia dan Tiongkok di bagian utara Samudra Hindia, kata seorang juru bicara, Rabu (25/12/2019) waktu setempat. Latihan, yang akan dimulai Sabtu ini akan menjadi latihan trilateral pertama seperti saat Teheran tengah berusaha untuk meningkatkan kerja sama militer dengan Beijing dan Moskow, di tengah sanksi ekonomi dari Amerika Serikar yang sangat memukul.

Kunjungan ke Iran oleh perwakilan angkatan laut Rusia dan Tiongkok juga meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Juru bicara militer Iran, Jenderal Abolfazl Shekarchi, mengatakan manuver bersama yang bertujuan mempromosikan keamanan regional, akan membentang hingga ke Laut Oman. Latihan tersebut dipandang sebagai respons terhadap manuver AS baru-baru ini dengan sekutu regionalnya Arab Saudi, Tiongkok juga berpartisipasi.

Di tengah meningkatnya ketegangan baru-baru ini di Teluk Persia, termasuk serangan terhadap kapal minyak dan serangan rudal dan drone pada industri minyak Saudi, Washington telah mengirim sejumlah pasukan AS ke wilayah tersebut dan sistem pertahanan rudal tambahan ke Saudi Saudi.

Washington menuduh Iran melakukan serangan September terhadap fasilitas pengolahan minyak terbesar dunia di kerajaan dan ladang minyak. Hal ini menyebabkan harga minyak melonjak dengan persentase terbesar sejak Perang Teluk 1991. Sementara pemberontak Houthi, sekutu Iran mengklaim serangan itu. Arab Saudi mengatakan aksi bersenjata itu disponsori oleh Iran. Tuduhan itu dibantah oleh Teheran seraya memperingatkan Saudi adanya serangan balasan yang menargetkan kepentingan Iran yang bisa menyulut perang habis-habisan.

baca juga: Topan Phanfone Terjang Filipina di Saat Natal

Teheran telah memperkaya uranium di luar ketentuan perjanjian nuklir 2015. Pada 2017, Angkatan Laut Iran melakukan latihan bersama dengan Tiongkok di dekat Selat Hormuz yang strategis, yang masih dalam wilayah Teluk Persia. Lokasi itu menjadi sebuah jalur penting yang melayani hampir sepertiga dari semua minyak yang diperdagangkan melalui laut. (ABC News/OL-3)

Baca Juga

AFP/SABAH ARAR

ISIS Klaim Bom Bunuh Diri di Baghdad yang Tewaskan 32 Orang

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 22 Januari 2021, 10:45 WIB
Pelaku pertama menarik kerumunan di pasar ramai di Tayaran Square dengan mengaku merasa sakit lalu mengaktifkan bahan peledak, disusul oleh...
LLUIS GENE/AFP

Rekor Harian Covid-19 di Spanyol Tembus 44.357 Kasus Sehari

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 10:14 WIB
Kementerian Kesehatan Spanyol melaporkan bahwa korban meninggal akibat Covid-19 bertambah 404 orang sehingga total angka kematian...
MANDEL NGAN / AFP

Joe Biden Kembali Gandeng WHO Perangi Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 22 Januari 2021, 08:37 WIB
Pemerintah Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden akan melanjutkan pendanaannya untuk Organisasi Kesehatan Dunia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya