Selasa 17 Desember 2019, 09:45 WIB

Trump Mengaku Awasi Korut dengan Ketat

Basuki Eka Purnama | Internasional
Trump Mengaku Awasi Korut dengan Ketat

AFP/Brendan Smialowski
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Senin (16/12), mengaku akan kecewa jika ternyata Korea Utara (Korut) ternyata diam-diam mengerjakan senjata nuklir saat tenggat akhir tahun mengenai proyek nuklir Ptongyang mendekati akhir.

Korut semakin meningkatkan ancaman mereka selama beberapa pekan terakhir bahkan menjanjikan 'kado natal' jika Washington tidak memberikan tawaran yang memuaskan.

Utusan khusus AS untuk Korut Stephen Biegun, di Seoul, Senin (16/12), mengatakan sikap Pyongyang sangat bermusuhan dan negatif.

"Kita lihat saja. Saya akan kecewa jika ternyata mereka mengerjakan sesuatu. Jika benar, kami akan menanganinya," ujar Trump di Gedung Putih. "kami mengawasi mereka dengan ketat!"

Baca juga: Donald Trump di Jurang Pemakzulan

Negosiasi antara Washington dan Pyongyang telah terhenti sejak KTT pada Februari lalu di Hanoi antara Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un gagal mencapai kata sepakat.

Korut mengatakan jika Washington gagal memberikan tawaran yang bisa diterima, mereka akan mengambil langkah baru tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Korut telah melakukan sejumlah uji coba statis di fasilitas roket Sohae selama bulan ini. Jepang dan negara lain menuding Pyongyang melakukan uji coba rudal balistik--Pyongyang dilarang melakukan uji rudal balistik oleh PBB. (AFP/OL-2)

Baca Juga

AFP/Miguel SCHINCARIOL

Korban Meninggal Akibat Covid-19 di Dunia Lampaui 3 Juta

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 18 April 2021, 09:27 WIB
Rata-rata lebih dari 12.000 kematian tercatat secara global setiap hari dalam sepekan terakhir, dengan jumlah keseluruhan melebihi 3 juta...
AFP/Handout / EU DELEGATION IN VIENNA

Perundingan Nuklir Iran Dilaporkan Positif

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 18 April 2021, 09:14 WIB
Perwakilan Uni Eropa Enrique Mora, Sabtu (17/4), mengatakan ada kemajuan dalam perundingan itu namun masih banyak kerja yang harus...
AFP/JIM WATSON

Biden Main Golf untuk Pertama Kali Sejak Jadi Presiden AS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 18 April 2021, 09:03 WIB
Biden, selama ini, menyembunyikan kegemarannya bermain golf, berbeda dengan pendahulunya Donald Trump yang berusaha bermain sesering...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya