Selasa 22 Oktober 2019, 20:10 WIB

Pemilu Kanada: Liberal 156 Kursi, Konservatif 122

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Pemilu Kanada: Liberal 156 Kursi, Konservatif 122

AFP
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

 

SETELAH kampanye ketat, kaum Liberal di bawah pimpinan Perdana Menteri Justin Trudeau meraup kursi yang cukup di Atlantik, Quebec, dan Ontario untuk mengamankan pemerintahan minoritas.

Sementara surat suara terakhir masih dihitung dalam beberapa pemilihan, Partai Liberal diperkirakan akan memenangi 156 kursi, 21 lebih sedikit dari sebelumnya. Sementara Partai Konservatif naik dari 95 kursi menjadi 122 yang diperkirakan, sementara NDP kehilangan 15 kursi dan berakhir dengan 24 kursi.

Trudeau berterima kasih kepada para pendukung, tim kampanyenya, staf, dan para kandidat atas kerja keras mereka.

"Kalian berhasil, teman-teman. Selamat," kata Trudeau.

"Dari pantai ke pantai ke pantai malam ini, warga Kanada menolak perpecahan dan negativitas. Mereka menolak pemotongan dan penghematan dan mereka memilih mendukung agenda progresif dan tindakan kuat terhadap perubahan iklim.

"Merupakan kehormatan terbesar untuk melayani Anda selama empat tahun terakhir dan malam ini Anda mempercayakan kami kembali untuk bekerja untuk Anda. Kami mengambil tanggung jawab ini dengan serius dan kami akan bekerja keras untuk Anda, untuk keluarga Anda, dan untuk masa depan Anda."


Baca juga: Gencatan Senjata Akan Berakhir, Erdogan Temui Putin


Sementara dalam pidato konsesinya, Pemimpin Konservatif Andrew Scheer berterima kasih kepada para pendukung dan sukarelawannya atas kerja keras mereka selama kampanye, memberi tahu mereka Konservatif sedang dalam perjalanan.

"Kekuatan demokrasi kita diukur tidak hanya dengan surat suara yang kita berikan tetapi juga bagaimana kita bergerak maju setelah mereka dihitung," kata Scheer.

"Walaupun hasil malam ini bukan yang kami inginkan, saya juga sangat bangga--bangga dengan tim kami, bangga dengan kampanye kami dan bangga dengan tim Konservatif yang lebih besar dan lebih kuat yang akan kami kirim ke Ottawa."

"Malam ini Konservatif telah membuat Justin Trudeau dalam peringatan dan Trudeau, ketika pemerintahmu jatuh, Konservatif siap dan kita akan menang."

Anggota Liberal yang telah lama di parlemen dan menteri kabinet Ralph Goodale kehilangan kursinya di Regina-Wascana, kalah dari penantang Konservatif Michael Kram. Dalam pidatonya, Goodale berterima kasih kepada para sukarelawan dan konstituennya atas mandat di masa lalu.

Liberal mengalami kekalahan di seluruh negeri. Di Alberta, partai kehilangan ketiga kursinya. Kent Hehr, yang telah menjabat sebagai menteri Urusan Veteran dan associate minister Pertahanan Nasional, kehilangan kursi di Calgary-Centre terhadap Konservatif Greg McLean. (CBC News/OL-1)

 

Baca Juga

AFP

Utusan AS Desak Korea Utara Hentikan Uji Coba Rudal

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:38 WIB
Perwakilan khusus AS untuk Korea Utara Sung Kim bertemu dengan mitra selatannya Noh Kyu-duk setelah pertemuan dengan mitra Jepang mereka di...
Paul ELLIS / AFP

Inggris Mencatat 44.985 Kasus Baru Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 10:57 WIB
Dengan begitu, jumlah total kasus virus korona di negara Inggris menjadi 8.734.934, menurut angka resmi yang dirilis pada Sabtu...
AFP/Handout / Colombian army

Gembong Narkoba Paling Diburu di Kolombia Ditangkap

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 10:30 WIB
Penangkapan Otoniel itu merupakan kemenangan besar bagi pemerintahan Presiden Ivan Duque, yang negaranya merupakan pengimpor kokain...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya