Kamis 19 September 2019, 22:15 WIB

Trump Siapkan Sanksi baru untuk Iran

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Trump Siapkan Sanksi baru untuk Iran

AFP/ Nicholas Kamm
Donald trump

 

PRESIDEN Donald Trump, Rabu (18/9), mengatakan Amerika Serikat memiliki banyak opsi selain serangan militer untuk merespons serangan rudal dan pesawat nirawak Iran yang menghancurkan setengah dari produksi minyak Arab Saudi akhir pekan lalu.

"Kami dalam posisi yang sangat kuat," ujar Trump kepada wartawan di landasan bandara di California saat hendak menuju penggalangan dana politik. Sementara di Arab Saudi, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menuduh Iran melakukan aksi perang dalam serangan itu.

 

Baca juga: Pejabat dan Tokoh Ethiopia Ucapkan Duka Untuk Mendiang BJ Habibie

 

Pernyataan Trump muncul beberapa jam setelah mengatakan bahwa dia akan meningkatkan sanksi ekonomi terhadap Iran setelah serangan ladang minyak yang diluncurkan oleh Teheran.

Trump, di Twitter, mengatakan telah mengarahkan Menteri Keuangan Steven Mnuchin untuk memperketat sanksi yang ada terhadap Iran. Namun, ia tidak memberikan rincian hukuman baru. Trump mengatakan secara spesifik sanksi akan diumumkan dalam waktu 48 jam.

Pemerintahan Trump tampaknya tidak menginginkan perang habis-habisan dengan Iran tetapi juga ingin membangun kembali pencegahan di kawasan itu, kata analis keamanan Middle East Institute Bilal Saab kepada VOA Persian dalam sebuah wawancara.

"Untuk menyeimbangkan antara dua (tujuan) ini akan menjadi tantangan," kata Saab. "Untuk mengirim pesan kepada Iran agar tidak melakukan ini lagi, dan pada saat yang sama mengelola situasi dan mengendalikan eskalasi, saya pikir opsi rahasia harus ada di meja,' tandasnya. (OL-8)

Baca Juga

ASHRAF SHAZLY / AFP

PM Ethiopia Klaim Pertempuran di Tigray Selesai

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 29 November 2020, 08:32 WIB
Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed  mengatakan bahwa operasi militer di wilayah Tigray selesai setelah tentara mengklaim kendali...
MI/Pius Erlangga

Pertukaran Pemuda Untuk Tingkatkan SDM dan Diplomasi

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 29 November 2020, 07:34 WIB
Program pemuda internasional ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, namun juga untuk mendukung...
AUDU MARTE / AFP

Boko Haram Kembali Bunuh 43 Buruh Tani

👤Siswantini Suryandari 🕔Minggu 29 November 2020, 06:36 WIB
Kelompok pejuang  Boko Haram menewaskan sedikitnya 43 buruh tani  dan melukai enam lainnya di sawah dekat kota Maiduguri di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya