Sabtu 14 September 2019, 22:50 WIB

Xanana Sebut Rakyat Timor Leste Berduka atas Kepergian Habibie

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Xanana Sebut Rakyat Timor Leste Berduka atas Kepergian Habibie

ANT/M Risyal Hidayat
Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao berpelukan dengan putra BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, saat takziah Sabtu (14/9) malam.

 

DALAM kunjungannya di kediaman almarhum Presiden ketiga RI BJ Habibie, Sabtu (14/9) sekitar pukul 20.25 WIB, mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menyampaikan ucapan belasungkawa dari masyarakat Timor Leste atas kepergian mantan presiden B.J Habibie.

"Saya ke sini sebagai wakil dari pemerintah Timor Leste, dan seluruh rakyat Timor Leste, untuk membawa pesan untuk keluarga Pak Habibie, mengekspresikan perasaan belasungkawa yang sedalamnya untuk keluarga," kata Xanana di Jalan Patra Kuningan XIII No 5 Jakarta Selatan, Sabtu malam.

Dia menjelaskan sosok Habibie di mata masyarakat Timor Leste sebagai inspirator dan teladan yang sangat berpengaruh dalam dunia teknologi serta sains. Bahkan dengan peran Habibie, rakyat Timor Leste bisa menentukan pilihannya sendiri.


Baca juga: Serangan Drone Bakar Dua Kilang Minyak Saudi Aramco


"Walaupun kita bisa sampai mana dengan teknologi dengan sains kita juga harus memegang peranan, karena sudah 24 tahun menderita dengan banyaknya negara western bicara HAM tidak membantu sama sekali, dan pak Habibie dalam waktu yang singkat, tetapi ada satu keputusan yang memberi kepada rakyat Timor Leste hak untuk self determination," sebutnya.

Oleh karena itu, dirinya dan masyarakat Timor Leste tidak akan melupakan jasa Habibie yang telah banyak berperan dalam kemerdekaan Timor Leste.

"Saya ke sini sebagai wakil dari pemerintah dan rakyat timor leste. Karena setelah penentuan memilih kemerdekaan ini, saya terharu sekali dengan pemikiran kakak saya (B.J Habibe) kita bicara informal secara persahabatan dan beliau menyampaikan kepada saya kalian harus memperhatikan pendidikan dan dijaman sekarang tolong lebih memfokuskan teknologi dan sains," pungkasnya. (OL-1)

 

Baca Juga

comece.eu

Paus Fransiskus Dijadwalkan Kunjungi Irak pada Maret

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 05:30 WIB
Paus berharap Irak dapat terus bekerja untuk mengatasi kekerasan dengan "persaudaraan, solidaritas dan...
Ilustrasi

Jumlah Wanita Bunuh Diri di Jepang Meningkat Selama Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 05:00 WIB
Data awal polisi yang diterbitkan pada Jumat (22/1) menunjukkan bahwa jumlah kasus bunuh diri mencapai 20.919 tahun lalu, 750 kasus lebih...
kwwl.com

Nasib Akun Facebook Trump Ada di Tangan Dewan Pengawas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 04:30 WIB
Facebook menyerahkan keputusan penangguhan tanpa batas waktu akun Donald Trump ke dewan pengawas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya