Rabu 14 Agustus 2019, 15:30 WIB

Jepang Bersiap Hadapi Badai Krosa

Tesa Oktiana Surbakti | Internasional
Jepang Bersiap Hadapi Badai Krosa

AFP/JIJI PRESS
Meteorolog Ryuta Kurora memberikan keterangan mengenai Badai Krosa yang bergerak ke arah Barat Jepang.

 

JEPANG bersiap menghadapi badai tropis dahsyat yang disertai hujan lebat dan angin kencang di puncak masa liburan. Puluhan jadwal penerbangan dan layanan kereta cepat terpaksa dibatalkan.

Badai bernama Krosa diperkirakan bergerak perlahan di wilayah barat Jepang.

Terjangan badai berpotensi memengaruhi kepulangan jutaan orang ke sejumlah kota besar. Mengingat, banyak warga Jepang kembali ke kampung halaman sepanjang liburan musim panas "Obon".

Maskapai Japan Airlines harus membatalkan 62 jadwal penerbangan domestik, dari dan ke bandara di wilayah selatan Jepang pada Rabu (14/8) waktu setempat.

"Semua jadwal penerbangan dari dan ke Bandara Miyazaki dan Bandara Tanegashima sudah dibatalkan. Begitu juga dengan jadwal penerbangan untuk Bandara Amami," ujar seorang juru bicara perusahaan kepada AFP.

Baca juga: Korban Tewas Lekima 49 Orang

Senada, maskapai All Nippon Airways juga membatalkan 34 penerbangan dari dan ke Bandara Miyazaki.

Kedua maskapai domestik Jepang itu kemungkinan menambah pembatalan jadwal penerbangan. Sebab, badai diramalkan menghantam wilayah Jepang pada Kamis (15/8).

Manajemen West Japan Railway mengumumkan pembatalan layanan kereta cepat Shinkansen, untuk rute Osaka dan wilayah barat Jepang.

Badai Krosa dengan kecepatan angin maksimum 144 kilometer (km) per jam, diperkirakan akan menerjang Pulau Shikoku, wilayah barat Jepang, pada Kamis (15/8).

Pergerakan badai terus dipantau Badan Meteorologi Jepang. Lembaga itu memperingatkan risiko tanah longsor dan banjir akibat hujan lebat. (AFP/OL-2)

Baca Juga

Michael M. Santiago/Getty Images/AFP

Vaksin Covid Varian Baru Moderna Masuk Uji Klinis

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 25 Februari 2021, 08:52 WIB
Moderna telah mengirim kelompok pertama vaksin covid-19 ke Institut Kesehatan Nasional, dirancang untuk menargetkan varian baru yang...
AFP/Saul Loeb

Biden Tanda Tangani Perintah Eksekutif Tingkatkan Rantai Pasokan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 25 Februari 2021, 08:42 WIB
Presiden mengatakan perintah itu akan melakukan dua hal, pertama terkait tinjauan 100 hari pada produksi semi-konduktor. Kedua, tinjauan...
AFP/FREDERIC J. BROWN

Lawan Covid-19, AS akan Distribusikan 25 Juta Masker Kain

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 25 Februari 2021, 08:36 WIB
"Kami akan mengirimkan lebih dari 25 juta masker di seluruh negeri, masker ini akan tersedia di lebih dari 1.300 puskesmas dan 60.000...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya