Sabtu 10 Agustus 2019, 07:50 WIB

RI-Malaysia Lawan Diskriminasi Sawit

Nur/Mal/Dro/Ant/X-3 | Internasional
RI-Malaysia Lawan Diskriminasi Sawit

FARHAN ABDULLAH/DEPARTEMEN INFORMASI/AFP
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (kanan)

 

DALAM lawatan resmi ke Malaysia, kemarin, Presiden Joko Widodo membahas tiga isu utama dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad di Putra Jaya. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan ketiga isu tersebut ialah community learning center (CLC), diskriminasi sawit, dan soal perbatasan.

"Sejauh ini Indonesia sudah memiliki CLC di wilayah Sabah dan Sarawak. Presiden mengatakan Malaysia memberikan komitmen untuk memperhatikan dan membantu Indonesia dalam pengadaan CLC yang sangat diperlukan bagi anak-anak TKI khususnya di semenanjung," kata Retno di Kuala Lumpur, kemarin.

Isu kedua yang dibahas kedua pemimpin, lanjut Retno, ialah komitmen untuk bersatu melawan diskriminasi terhadap komoditas sawit.

Menyangkut isu perbatasan, kedua pemimpin sepakat mengintensifkan negosiasi darat dan laut. "Kita sekarang fokus di beberapa batas laut, terutama di Laut Sulawesi dan Laut Malaka sebelah selatan," tukas Retno.

Seusai menggelar pembicaraan, Presiden Jokowi dan PM Mahathir melaksanakan salat Jumat di Masjid Putra Putrajaya. Jokowi dan Mahathir berangkat bersama mengendarai mobil nasional Proton Persona yang disopiri Mahathir.

Jokowi dan Mahathir mendapat sambutan dari jemaah yang berebut menjabat tangan dan mengabadikan kedua pemimpin dengan telepon seluler.

Setelah salat Jumat, Jokowi menuju Kompleks Bangunan Bunga Raya Bandara KLIA untuk melanjutkan lawatan ke Singapura memenuhi undangan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong untuk menghadiri Parade Hari Kebangsaan Nasional Singapura. Kehadiran Presiden Jokowi di 'Negeri Singa' merupakan penghormatan bagi persahabatan Indonesia dan Singapura. (Nur/Mal/Dro/Ant/X-3)

Baca Juga

Yasuyoshi CHIBA / AFP

Militer Ukraina Bersiap Gempur Pasukan Rusia di Donbas

👤Nur Aivanni 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:53 WIB
Militer Ukraina, pada Senin (16/5), sedang bersiap untuk serangan baru terhadap pasukan Rusia di wilayah...
Hector RETAMAL / AFP

Shanghai Berencana untuk Kembali ke Kehidupan Normal Mulai 1 Juni

👤 Nur Aivanni 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:46 WIB
Kota Shanghai bertujuan untuk membuka kembali secara luas dan memungkinkan kehidupan normal dilanjutkan mulai 1 Juni...
Alessandro RAMPAZZO / AFP

Finlandia dan Swedia Siap Bergabung dengan NATO

👤 Nur Aivanni 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:24 WIB
Kurang dari tiga bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina, pengumuman tersebut merupakan langkah yang mengejutkan. Pasalnya, kedua negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya