Rabu 31 Juli 2019, 11:03 WIB

Indonesia-Vietnam Dorong Delimitasi Zona Ekonomi Ekskulif

Tesa Oktiana Surbakti | Internasional
Indonesia-Vietnam Dorong Delimitasi Zona Ekonomi Ekskulif

AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA
PM Thailand Prayut Chan-O-Cha (tengah) berpose dengan para menlui yang menghadiri Pertemuan Para Menlu ASEAN di Bangkok, Thailand.

 

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Vietnam, Pham Binh Minh, di sela Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN di Bangkok, Thailand.

Pertemuan kedua menteri luar negeri (menlu) tersbut membahas satu isu utama yaitu upaya penyelesaian negosiasi batas maritim zona ekonomi eksklusif (ZEE) antara Indonesia dan Vietnam.

Sebelum pertemuan dilangsungkan, kedua belah pihak telah menggelar pertemuan lebih teknis di Jakarta untuk membahas upaya percepatan penyelesaian negosiasi. 

Dalam pertemuan di Bangkok, Thailand, kedua menlu menyambut baik kesepakatan mengenai metodologi untuk perundingan. Kesepakatan tersebut diharapkan akan mempermudah penyelesaian negosiasi.

Di samping itu, Retno dan Pham telah bersepakat mengenai perlunya penyelesaian penyusunan provisional arrangement (PA) segera sebagai pengaturan sementara. PA tersebut ditujukan untuk menghindari kemungkinan insiden kapal-kapal nelayan di wilayah tumpang tindih. 

Di samping isu batas maritim, kedua menlu juga membahas situasi di Laut China Selatan. Secara konsisten Indonesia menyampaikan bahwa perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan perlu terus dijaga.

"Trust sangat diperlukan. Aspek trust dapat tercipta, jika semua pihak mematuhi hukum internasional, termasuk UNCLOS 1982," ujar Retno dalam keterangan resminya, Rabu (31/7).

Pertemuan tersebut juga merupakan bagian dari kegiatan Menlu RI menghadiri rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN dan Pertemuan dengan Mitra Wicara ASEAN (AMM/PMC) yang berlangsung pada 30 Juli-2 Agustus 2019 di Bangkok, Thailand.(OL-09)

Baca Juga

AFP/Andrew Caballero-Reynolds.

IMF akan Kucurkan US$1,3 M untuk Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 11:56 WIB
Dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) akan menggelontorkan dana darurat US$1,3 miliar untuk Ukraina. Pertimbangannya karena...
ANTARA

Jepang Minta Rakyatnya Berlindung dari Rudal Korut

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 11:21 WIB
Pemerintah Jepang memperingatkan warganya untuk berlindung ketika rudal itu melintas dan jatuh di Samudra...
Jung Yeon-je / AFP

Lagi, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 08:57 WIB
Pemerintah Jepang memperingatkan warganya untuk berlindung di saat rudal melintas di atas langit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya