Kamis 18 Juli 2019, 06:00 WIB

Kerja Sama RI-Singapura Diperkuat

(Mal/Ant/X-11) | Internasional
 Kerja Sama RI-Singapura Diperkuat

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj.
PRESIDEN MENERIMA KUNJUNGAN MENLU SINGAPURA: Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

 

MENTERI Luar Negeri Singapura Dr Vivian Balakrishnan kemarin menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Keduanya membahas ihwal pertemuan tahunan pemimpin kedua negara (Indonesia-Singapore annual leaders retreat).

Balakhrisnan ke Istana Bogor didampingi Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar, Direktur Jenderal Asia Tenggara I Kementerian Luar Negeri Singapura, Ian Mak, dan Asisten Direktur untuk Indonesia Kementerian Luar Negeri Singapura, Nicholas Koh.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan itu menjelaskan, topik pembahasan antara lain rencana pertemuan antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, yang rencananya dilakukan tahun ini.

"Kami sedang berbicara mengenai masalah tanggal pelaksanaan pertemuan tersebut," kata Retno.

Dalam pertemuan itu, Retno mengatakan, Jokowi sempat berdiskusi terkait dengan lima visi presiden di periode kedua yang sudah disampaikan pada acara Visi Indonesia di Sentul, Minggu (14/7).

Presiden, kata Retno, berharap lima visi itu bisa diimplementasikan dalam bentuk kerja sama dengan Singapura.

"Paling tidak, tiga visi langsung dapat di-connect, dikerjasamakan yaitu pertama mengenai infrastruktur, yang kedua mengenai masalah investasi, dan ketiga mengenai pengembangan sumber daya manusia," jelasnya.

Ditambahkannya, saat bicara mengenai SDM, diskusi yang dilakukan terfokus pada sekolah kejuruan, politeknik, dan sebagainya, yang sudah mulai berjalan dan akan terus ditingkatkan.

Retno menambahkan, pemerintah Singapura melalui pesan menteri luar negerinya ingin kerja sama kedua negara lebih diperkuat. "Teman-teman tahu bahwa Singapura ialah negara investor asing nomor satu dan banyak sekali kerja sama yang kita lakukan," jelasnya.

Di sisi lain, Menlu menyebut pertemuan itu tidak membicarakan proses pengambilalihan ruang kendali udara penerbangan (flight information region/FIR) di wilayah Kepulauan Riau dan perairan Natuna.

Menlu mengatakan, dalam waktu dekat, Menteri Perhubungan RI akan bertemu dengan mitranya di Singapura untuk membahas proposal Indonesia terkait dengan FIR. (Mal/Ant/X-11)

Baca Juga

DOK DPD RI

Bertemu Presiden CECF, Sultan: Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Konferensi Pemuda Lintas Agama Dunia

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 21:24 WIB
Sebagai negara yang plural dan toleran, Indonesia diminta untuk bersedia melangsungkan konferensi Pemuda Lintas Agama...
AFP/Satellite image ©2020 Maxar Technologies.

AS dan Belanda Waswas Supertanker Tua Bawa Sejuta Barel Minyak

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:16 WIB
Bulan lalu, PBB meluncurkan rencana menurunkan minyak dari supertanker ke kapal sementara selama empat...
MANDEL NGAN / AFP

Biden Tuduh Putin Berangus Budaya Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:05 WIB
Biden juga menduh Putin menjegal Finlandia dan negara-negara Eropa yang netral masuk NATO. Pada saat yang bersamaan Rusia menyerang Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya