Jumat 28 Juni 2019, 13:46 WIB

Trump Sebut Pembicaraan dengan Putin Sangat Baik

Denny Parsaulian Sinaga | Internasional
Trump Sebut Pembicaraan dengan Putin Sangat Baik

AFP/Mikhail KLIMENTYEV/SPUTNIK
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) dan Presiden Rusia Vladimir Putin

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Jumat (28/6), mengatakan hubungannya amat sangat baik dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Trump menyampaikan hal itu setelah bertemu Putin di sela-sela pertemuan G-20 di Osaka, Jepang.

"Merupakan kehormatan besar bertemu Presiden Putin," kata Trump, yang terakhir mengadakan pembicaraan tatap muka dengan pemimpin Rusia itu di Helsinki pada 2018. "Kami memiliki hubungan yang amat sangat baik."

Pertemuan mereka yang ditunggu-tunggu dibayangi oleh penyelidikan hubungan Trump dengan Rusia serta kontroversi yang mencuat terakhir kali saat ia mengadakan pembicaraan dengan pemimpin Kremlin itu.

Saat ditanya sebelum melakukan perjalanan ke Jepang tentang rencana pembicaraannya, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa isi dari diskusi itu bukan urusan wartawan.

"Saya akan melakukan pembicaraan yang sangat baik dengannya," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih. "Apa yang aku katakan kepadanya bukan urusanmu."

Baca juga: Jokowi Kebanjiran Ucapan Selamat di KTT G-20

Trump tetap mantap sepanjang masa kepresidenannya meskipun ada tuduhan tentang hubungannya yang mencurigakan dengan Rusia.

Penyelidikan besar yang dipimpin jaksa khusus Robert Mueller menemukan ada kampanye Rusia yang terorganisasi untuk memengaruhi pemilu 2016 yang dimenangi Trump.

Penyelidikan menemukan ada kontak antara operasi Rusia dan kampanye pemilihan Trump. Tetapi tidak ada bukti plot itu.

Trump telah mengategorikan temuan Mueller sebagai pengecualian. Namun, ia tetap mendapat kecaman dari lawan karena apa yang mereka katakan adalah hubungannya yang tidak jelas dengan Putin.

Di Helsinki tahun lalu, Trump menolak pada konferensi pers bersama dengan Putin untuk mengkritisi campur tangan Rusia dalam pemilu 2016 dan mengatakan bahwa ia percaya pada penyangkalan pemimpin Rusia itu. (AFP/OL-2)

Baca Juga

Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP

Presiden Jokowi akan Bertemu Zelensky dan Putin, HMI: Langkah Sangat Tepat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:22 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan dua pemimpin negara yang sedang berperang, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan...
AFP

Hadapi Krisis Global, PBB Siapkan Dana Rp311 Miliar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:22 WIB
Di tengah ancaman krisis pangan hingga keuangan, 70 negara telah mengajukan proposal bantuan kepada PBB, dengan 69 negara di antaranya...
Eva Marie UZCATEGUI / AFP

NASA tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Sistem Tenaga Nuklir di Bulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 15:00 WIB
Ketiga perusahaan tersebut antara lain Lockheed Martin dari Maryland, Westinghouse dari Cranberry Township, Pennsylvania serta IX dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya