Selasa 28 Mei 2019, 12:17 WIB

Trump Akhiri Lawatan ke Jepang

Denny Parsaulian | Internasional
Trump Akhiri Lawatan ke Jepang

AFP/Toshifumi KITAMURA
Presiden AS Donald Trump bersama ibu negara Melania melambaikan tangan di Bandara Haneda saat meninggalkan Jepang.

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump meninggalkan Jepang setelah menemui kaisar baru Naruhito, Selasa (28/5). Trump menjadi pemimpin dunia pertama yang bertemu kaisar baru itu.

Trump dan ibu negara Melania langsung menaiki Air Force One di Bandara Haneda, Tokyo, menuju Washington. Air Force One akan berhenti sebentar di Alaska untuk mengisi bahan bakar.

Trump mengadakan kunjungan empat hari di Jepang sejak tiba Sabtu (25/5).

Di hari pertama kunjungannya, Trump menyempatkan diri bermain golf bersama PM Jepang Shinzo Abe. Selain itu, Trump juga menyerahkan tropi juara turnamen sumo.

Sebelum meninggalkan Jepang Trump juga mengunjungi Pangkalan Angkatan Laut AS Yokosuka. Dia memeriksa kapal induk helikopter milik Jepang, Kaga, kemudian berpidato di depan anggota layanan di Tawon kapal perang AS.

Baca juga: Trump Ungkap Belasungkawa Terkait Penikaman di Jepang

Negosiasi rumit atas desakan Washington agar Jepang membuka pasar untuk lebih banyak produk AS atau menghadapi tarif mobil yang tinggi telah ditunda hingga pemilihan selesai di Jepang pada Juli.

Tetapi lebih dari segalanya, kehadiran Trump di Jepang dan upaya energetik dari tuan rumah untuk menyenangkannya dimaksudkan untuk menguatkan sinyal pada saat pengaruh Tiongkok semakin besar di Asia dan ketegangan nuklir Korea Utara.

Aliansi militer juga memiliki aspek komersial yang kuat, karena Trump ingin menunjukkan pada Senin (27/5) ketika ia mengonfirmasi rencana Jepang membeli 105 pesawat tempur siluman F-35.

"Pembelian ini akan memberi Jepang armada F-35 terbesar dari sekutu AS mana pun," kata Trump. (AFP/OL-2)

Baca Juga

AFP.

Gempa Berkekuatan 7,2 SR Guncang Peru Selatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:25 WIB
Gempa terjadi pada pukul 07.02 waktu setempat pada kedalaman 218 kilometer, menurut USGS. Pusat Seismologi Nasional Peru mengatakan gempa...
AFP/Fabrice Coffrini.

Iran Sebut Zionis Kontrol Kebijakan AS terkait Kesepakatan Nuklir

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:55 WIB
Israel telah membuatnya seolah-olah mempertahankan IRGC dalam daftar itu penting untuk masa depan pembicaraan Iran, tetapi tidak demikian,...
AFP/Hazem Bader.

Investigasi CNN Perkuat Klaim Tentara Israel Bunuh Jurnalis Al Jazeera

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:01 WIB
Pada saat-saat berikutnya, seorang pria berkaus putih mencoba beberapa kali untuk memindahkan Abu Akleh, tetapi dipaksa mundur berulang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya