Senin 27 Mei 2019, 08:48 WIB

Trump Jadi Pemimpin Dunia Pertama yang Bertemu Kaisar Baru Jepang

Basuki Eka Purnama | Internasional
Trump Jadi Pemimpin Dunia Pertama yang Bertemu Kaisar Baru Jepang

AFP/Brendan Smialowski
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kedua dari kiri) bersama Kaisar Jepang Naruhito (ketiga dari kiri)

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Senin (27/5), menjadi pemimpin dunia pertama yang bertemu dengan kaisar baru Jepang Naruhito.

Setelah Trump dan Naruhito saling menyapa di Istana, mereka berdua berdiri di karpet merah saat lagu kebangsaan kedua negara diputar dengan bendera kedua negara berkibar tertiup angin.

Saat band militer beraksi, Trump yang mengenakan jas berwarna gelap dan dasi merah memeriksa pasukan kehormatan Jepang dan menyapa sejumlah pejabat Jepang dan AS.

Naruhito mengenakan dasi biru muda sementara permaisuri Masako yang mengenakan topi putih dan jaket mendampingi Trump dan istrinya, Melania.

Baca juga: Melawat ke Jepang, Trump Serahkan Piala Sumo

Kunjungan ke istana yang akan dilanjutkan dengan perjamuan makan malam merupakan acara utama lawatan Trump ke Jepang yang diawali dengan golf, makan-makan, dan menonton kejuaraan sumo.

Saat makan malam dengan Perdana Menteri Shinzo Abe di sebuah restoran daging panggang khas Jepang, Sabtu (25/5), Trump mengaku sangat menikmati kunjungannya dan tidak sabar bertemu Kaisar Naruhito yang dilantik pada tiga pekan lalu menggantikan ayahnya Akihito.

"Sudah lebih dari 200 tahun hal semacam ini terjadi. Jadi, adalah sebuah kehormatan besar mewakili Amerika Serikat," ujar Trump. (AFP/OL-2)

Baca Juga

AFP

Zelenskyy Ingin Bertemu Putin agar Perang Berakhir

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 19:31 WIB
Zelenskyy mengungkapkan sejumlah cara telah dilakukan Ukraina untuk menghentikan agresi Rusia. Pihaknya tidak pernah absen membawa tawaran...
SERGEY BOBOK / AFP

Jika Krisis Pangan Meluas, Zelenskyy: Salahkan Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 18:23 WIB
Ia mengatakan dampak serangan Rusia yang belum berhenti sejak 24 Februari 2022 telah menghancurkan pasokan perdagangan...
Matt Dunham / POOL / AFP

Zelenskyy Harap G20 Hentikan Agresi Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 18:13 WIB
Namun Zelenskyy mengaku tidak bisa hadir ke forum tersebut secara langsung. Sebagai presiden dan panglima tertinggi harus tetap berada di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya