Senin 11 Maret 2019, 18:30 WIB

Trump Tingkatkan Anggaran Tembok Perbatasan

Tesa Oktiana Surbakti | Internasional
Trump Tingkatkan Anggaran Tembok Perbatasan

GUILLERMO ARIAS / AFP

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump berupaya mencari sumber pendanaan baru untuk proyek tembok perbatasan dengan Meksiko. Anggaran sebesar 8,6 miliar dolar AS itu diusulkan dalam kerangka anggaran negara 2020.

Penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow, mengatakan usulan Trump kemungkinan memicu perselisihan dengan Kongres AS. Permintaan anggaran yang mengemuka pada Senin waktu setempat, jauh melebihi usulan Trump pada tahun lalu sebesar 5,7 miliar dolar AS.

Dalam wawancara dengan Fox News Sundays, Kudlow mengakui usulan anggaran yang baru kemungkinan besar kembali membuka babak pertarungan di Kongres AS. "Sepertinya ada potensi demikian," tukasnya.

Kendati demikian, Trump akan tetap mempertahankan proyek tembok perbatasan. "Pendiriannya tetap bahwa tembok perbatasan itu penting untuk keamanan," imbuh Kudlow.

Baca juga: Demokrat-Republik Setuju Hindari Shutdown

Melalui pernyataan bersama, Pemimpin Kongres AS dari Partai Demokrat, Nancy Pelosy dan Chuck Schumer, menuduh Trump telah melukai jutaan perasaan warga AS dan menyebabkan kekacauan yang meluas. Seperti diketahui alotnya negosiasi persetujuan anggaran menyebabkan ditutupnya pemerintahan AS hingga sebulan lebih.

Menurut mereka, Trump dinilai ceroboh ketika memutuskan shutdown AS demi menggalang anggaran proyek tembok perbatasan. "Kongres AS menolak untuk menyetujui anggaran tembok perbatasan. Trump harus mengaku kekalahan dan membuka kembali pemerintah. Hal yang sama juga akan terulang, jika dia (Trump) mencoba upaya itu lagi. Kami berharap dia dapat mengambil pelajaran," tegas Pelosy dan Schumer. (OL-7)

Baca Juga

AFP

Joe Biden Coret Afghanistan dari Daftar Sekutu AS

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 07 Juli 2022, 13:25 WIB
Sejauh ini, belum diketahui alasan Biden untuk menghilangkan Afghanistan dari daftar sekutu AS non-NATO. Afghanistan jatuh ke tangan...
AFP/Muhammad FAROOQ

Hujan Deras di Sydney Mereda, Warga Periksa Kerusakan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 11:30 WIB
Hujan deras yang melanda Sydney selama lima hari terakhir mereda pada Kamis sehingga warga yang terdampak banjir berusaha kembali ke rumah...
AFP/Tolga AKMEN

PM Inggris Menolak untuk Mundur Meski Banyak Tekanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 11:23 WIB
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Rabu (6/7) menentang tekanan untuk mundur dari anggota kabinet dan partainya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya