Selasa 26 Februari 2019, 09:08 WIB

Pemimpin Korut Kim Jong Un Tiba di Vietnam

Willy Haryono | Internasional
Pemimpin Korut Kim Jong Un Tiba di Vietnam

Jung Yeon-je / AFP

 

PEMIMPIN Korea Utara (Korut) Kim Jong Un tiba di Vietnam, Selasa (26/2) pagi waktu setempat, setelah menghabiskan sekitar 2,5 hari dalam perjalanan menggunakan kereta api dari Pyongyang.

Kim dijadwalkan bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dalam Konferensi Tingkat Tinggi kedua antara kedua negara pada 27-28 Februari mendatang.

Seperti dilansir dari AFP, kereta khas berwarna hijau milik Kim tiba di Stasiun Dong Dang di Lang Son, Vietnam. Jarak antara Pyongyang dengan stasiun tersebut berkisar 4.000 kilometer.

Anak-anak usia sekolah menyambut Kim dengan mengayun-ayunkan bendera Korut dan di dekatnya ada sekelompok personel militer berseragam putih.

Kim adalah pemimpin pertama dari Korut yang datang ke Vietnam sejak kakeknya, Kim Il Sung, berkunjung ke negara tersebut pada 1964.

Keamanan di sekitar stasiun sangat ketat, yang terdiri dari sejumlah prajurit serta polisi. Otoritas Vietnam juga telah menutup ruas jalan sepanjang 170 kilometer dari Stasiun Dong Dang menuju Hanoi, tempat Kim dan Trump akan bertemu.

Baca juga: Tanpa Nuklir, Korut Bisa Jadi Pilar Ekonomi Dunia

Trump menggunakan rute yang lebih konvensional menuju Vietnam dengan menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One. Trump dan rombongan dijadwalkan mendarat di Hanoi malam ini.

Sebelum bertolak dari AS menuju Vietnam, Trump sempat menuliskan di Twitter bahwa dirinya antusias bertemu lagi dengan Kim dan melakukan pertemuan kedua yang "sangat produktif."

KTT perdana Kim dan Trump di Singapura, Juni tahun lalu, hanya menghasilkan kesepakatan samar tanpa detail. Sejumlah analis mengatakan KTT kedua ini seharusnya menelurkan hasil yang jauh lebih konkret mengenai denuklirisasi.

Saat nanti tiba di Hanoi, Kim akan menginap di Hotel Melia, sekitar satu kilometer dari Rumah Tamu Negara yang diyakini akan menjadi tempat KTT kedua.

Seorang staf mengatakan kepada AFP bahwa Hotel Melia sudah penuh hingga awal Maret mendatang.

Pusat pers Gedung Putih dikabarkan akan menginap di hotel yang sama, dan sejumlah personel keamanan Korut juga terlihat memasuki bangunan tersebut pada Minggu (24/2).

Sebelum bertemu Trump, Kim dikabarkan hendak terlebih dahulu mengunjungi kawasan industri di provinsi Quang Ninh dan Bac Ninh, yang merupakan lokasi berdirinya sebuah pabrik Samsung. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

Dok KJRI San Fransisco

Kota San Francisco Turut Rayakan Hut ke-77 RI

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:25 WIB
Kegiatan pengibaran bendera negara asing di Balaikota San Francisco merupakan tradisi yang telah berlangsung sejak...
Handout / various sources / AFP

Junta Myanmar Kecam ASEAN

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:19 WIB
Myanmar sedang berupaya menerapkan rencana perdamaian. Namun upaya itu ditentang oposisi yang dilabeli junta dengan sebutan teroris karena...
DOK.KJRI

Acara 17 Agustusan di San Francisco Berlangsung Meriah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:02 WIB
Kemeriahan peringatan kemerdekaan Indonesia juga ditunjukkan dengan pelaksanaan upacara bendera di Wisma Indonesia pada 17...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya