Rabu 20 Februari 2019, 12:03 WIB

Trump Tanda Tangani Pembentukan Pasukan Angkasa Luar

Basuki Eka Purnama | Internasional
Trump Tanda Tangani Pembentukan Pasukan Angkasa Luar

NICHOLAS KAMM/AFP

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Selasa (19/2), menandatangani perintah pembentukan angkatan bersenjata baru, angkatan angkasa luar.

"Kita harus siap," ujar Trump saat menandatangani perintah itu.

"Pemerinatah saya menjadikan pembentukan angkatan angkasa luar sebagai masalah keamanan nasional," imbuhnya.

Tahun lalu, Trump mengatakan dirinya ingin membentuk angkatan angkasa luar untuk melindungi satelit, mengatasi kerentanan di angkasa luar, dan menegaskan dominasi AS di orbit Bumi.

Angkatan itu akan menjadi angkatan keenam di militer AS setelah Angkatan Laut, Marinir, Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Penjaga Pantai.

Perintah itu meminta Kongres untuk segera menyusun undang-undang yang akan menjadikan angkatan angkasa luar sebagai cabang di bawah Angkatan Udara sama seperti marinir berada di bawah Angkatan Laut.

Pembentukan angkatan luar angkasa itu belum selesai karena masih harus disetujui oleh Kongres. DPR AS dan pejabat pertahanan AS menanggapi aksi Trump itu dengan skeptis mengingat biaya yang besar dan birokrasi yang rumit.

Luar angkasa memegang peran vital dalam berbagai aspek perang modern dengan mayoritas teknologi militer tergantung pada jaringan sensor dan satelit. Pentagon memperingatkan bahwa Rusia dan Tiongkok tengah mengembangkan kemampuan antisatelit. (AFP/OL-2)

Baca Juga

Dok. Biro Setpres

Misi Perdamaian Jokowi ke Rusia dan Ukraina Membuahkan Hasil

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:14 WIB
Setelah melalui diskusi yang cukup panjang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Jokowi mendapat kepastian bahwa pasokan produk pangan dan...
AFP/Adam Berry.

Wapres Parlemen Eropa: Sebut Israel Apartheid itu Antisemitisme

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:54 WIB
Selama 18 bulan terakhir, Human Rights Watch dan Amnesty International menerbitkan laporan yang menuduh Israel melakukan...
AFP

Paus Sebut Rusia Lakukan Agresi dan Imperialisme di Ukraina

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:35 WIB
Semua pihak perlu 'mengakui bahwa penaklukan bersenjata, ekspansionisme, dan imperialisme tidak ada hubungannya dengan kerajaan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya