Rabu 13 Desember 2017, 22:52 WIB

Uni Eropa Tetap Menolak Akui Keputusan Trump

Irene Harty | Internasional
Uni Eropa Tetap Menolak Akui Keputusan Trump

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmok

 

DUTA Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend mengungkapkan Uni Eropa tetap menolak menerima keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Jerusalem sebagai ibukota Israel.

“Saya rasa sudah jelas bahwa keputusan tertinggi yang dibuat AS adalah keputusan yang salah dan mengecewakan. Ini tidak akan kami diikuti karena itu salah dan mungkin melanggar hukum internasional,” ungkap Guerend dalam media gathering di kediamannya, Jakarta, Rabu (13/12).

Dia menambahkan sikap penolakan tersebut datang dari seluruh anggota Uni Eropa, tanpa ada pihak yang berkontribusi mendukung keputusan AS tersebut.

“Kami juga menerima kedatangan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi ke Brussels atas motivasi dari Indonesia. Itu karena topik Jerusalem seperti disebutkan identical abuse of issue,” lanjutnya.

Uni Eropa juga meyakini mereka memiliki tanggung jawab yang spesial karena berkaitan juga dengan kepentingan dan pengaruh isu minyak di Timur Tengah.

“Kami selalu standing by two-state solution antara Israel-Palestina, dan pada saat yang sama Palestina pantas hidup damai sebagai suatu negara,” imbuh Guerend.

Uni Eropa juga samgat mendukung secara politik dan ekonomi para pengungsi Palestina. Sehingga mau bekerja sama dengan PBB dan Rusia untuk menemukan cara untuk tidak setuju atas keputusan AS.

“Posisi Uni Eropa sangat jelas di DK PBB dan terus mengulang resolusi damai untuk rakyat Palestina,” tandasnya. (OL-4)

Baca Juga

AFP/TOM HARRISON

Royal Mint Inggris Ungkap Potret Koin Raja Charles III

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 September 2022, 14:08 WIB
Royal Mint Inggris pada hari Jumat meluncurkan patung resmi Raja Charles III yang akan muncul di koin setelah aksesi ke...
AFP/ Sean Rayford

Ribuan Orang Terjebak Banjir saat Badai Ian Menghantam Florida

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 September 2022, 14:05 WIB
Ribuan warga Florida yang terperangkap di tengah rumah-rumah yang terendam...
AFP/Oliver Contreras

Biden Tegaskan tidak akan Pernah Akui Aneksasi Ukraina oleh Rusia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 09:57 WIB
"Kehendak sebeneranya dari warga Ukraina terlihat jelas setiap hari saat mereka mengorbankan jiwa raga untuk mempertahankan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya