Selasa 12 Desember 2017, 19:45 WIB

Di KTT OKI, Jokowi akan Serukan Perlawanan terhadap Keputusan Trump

Irene Harty | Internasional
Di KTT OKI, Jokowi akan Serukan Perlawanan terhadap Keputusan Trump

ANTARA

 

PRESIDEN RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berangkat ke Istanbul, Turki untuk menghadiri KTT Luar Biasa OKI mengenai Palestina, Rabu (13/12).

Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (12/12) pukul 11.05 WIB.

Dalam KTT tersebut Jokowi akan menyampaikan penolakan rakyat Indonesia atas pengakuan sepihak Amerika Serikat atas Jerusalem sebagai ibukota Israel.

"Ini adalah kesempatan pertama bagi negara-negara OKI untuk secara bersama dan tegas menolak keputusan Presiden Trump yang mengakui Jerusalem sebagai ibukota Israel," kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Selasa (12/12).

Jokowi akan meminta negara-negara OKI untuk membulatkan suara dan bersatu membela Palestina disertai beberapa langkah konkret bersama atau individu.

Presiden yang didampingi Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dijadwalkan tiba kembali di Jakarta pada Kamis (14/12).

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi telah lebih dulu tiba di Jordania pada Selasa (12/12) untuk bertemu Menteri Luar Negeri Jordania, Ayman Safadi sebelum melanjutkan perjalanan ke Istanbul, Turki.

Selain itu, Retno juga melakukan pertemuan bilateral selama lebih dari dua jam dengan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Maliki di Amman, Jordania Selasa (12/2) pukul 02.15 WIB.

Baca juga: Menlu RI-Palestina Bahas Langkah Strategis

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir yang dihubungi Media Indonesia, Selasa (12/12) mengungkapkan, "Hasil akhir OKI masih dirundingkan saat ini". (X-12)

Baca Juga

AFP/Andrew Caballero-Reynolds.

IMF akan Kucurkan US$1,3 M untuk Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 11:56 WIB
Dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) akan menggelontorkan dana darurat US$1,3 miliar untuk Ukraina. Pertimbangannya karena...
ANTARA

Jepang Minta Rakyatnya Berlindung dari Rudal Korut

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 11:21 WIB
Pemerintah Jepang memperingatkan warganya untuk berlindung ketika rudal itu melintas dan jatuh di Samudra...
Jung Yeon-je / AFP

Lagi, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 08:57 WIB
Pemerintah Jepang memperingatkan warganya untuk berlindung di saat rudal melintas di atas langit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya