Minggu 10 Desember 2017, 19:08 WIB

Ratusan Warga Afghanistan Kutuk Pengakuan Trump atas Yerusalem

Antara | Internasional
Ratusan Warga Afghanistan Kutuk Pengakuan Trump atas Yerusalem

AFP/NOORULLAH SHIRZADA

 

RATUSAN warga Afghanistan turun ke jalan-jalan di Kota Jalalabad, Ibu Kota Provinsi Nangarhar di Afghanistan Timur, pada Ahad (10/12), dan mengutuk Presiden AS Donald Trump karena pengakuannya bahwa Yerusalem merupakan Ibu Kota Israel.

Pengunjuk rasa, selain membakar gambar Trump dan meneriakkan slogan anti-AS, juga menyeru pemerintah mereka agar mengkaji hubungan diplomatiknya dengan Washington, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad petang.

Trump di dalam dekrit pada Rabu (6/12) mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan menginstruksikan Departemen Luar Negeri AS untuk memindahkan Kedutaan Besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Pengumuman Trump menuai reaksi keras. Koordinator Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Nickolay Mladenov, mengatakan, dalam sidang darurat Dewan Keamanan mengenai Jerusalem pada Jumat (8/12) bahwa bentrokan merebak di Tepi Barat Sungai Jordan, Jalur Gaza dan Jerusalem setelah pengumuman Trump.

Ratusan orang Palestina ikut dalam protes di seluruh Tepi Barat Sungai Jordan pada Sabtu (9/12), turun dari ribuan orang pada Jumat (8/12), kata militer Israel.

Sebanyak 600 demonstran Palestina di 20 titip di Tepi Barat melemparkan bom bensin dan batu ke arah tentara Israel, dan membakar ban serta menggulingkannya ke arah tentara Israel. (OL-2)

Baca Juga

AFP

Zelensky Umumkan Lyman Bebas dari Serdadu Moskow

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:03 WIB
Perebutan kembali Lyman telah menjadi cerita paling populer di media, kata Zelensky dalam pidato Minggu...
AFP/RICARDO ARDUENGO

Tim Penyelamat Temukan 54 Korban Badai Ian

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 15:50 WIB
Banyaknya ruas jalan yang terendam banjir dan hanyutnya sejumlah jembatan membuat akses menuju beberapa wilayah Florida...
AFP/	SERGEI KARPUKHIN

Putin Minta Kyiv Kembali ke Meja Perundingan

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 10:52 WIB
"Masyarakat sudah menentukan pilihan, pilihan tegas ini adalah kehendak jutaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya