Senin 21 Agustus 2017, 18:29 WIB

Ini Kronologi Permintaan Maaf Malaysia terkait Insiden Bendera

Antara | Internasional
Ini Kronologi Permintaan Maaf Malaysia terkait Insiden Bendera

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

 

MENTERI Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyampaikan kronologi permintaan maaf Malaysia terkait insiden Bendera Merah-Putih terbalik dalam buku panduan pembukaan SEA Games 2017.

"Begini ceritanya, kemarin, Minggu (20/8) pagi sampai siang, saya melakukan tiga kali komunikasi dengan Menlu Malaysia. Mengenai masalah protes kita. Kita ingin bahan yang ada ditarik, kemudian diganti yang benar. Kemudian kita juga meminta mereka untuk minta maaf," kata Retno seusai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri Uzbekistan, Zoyir Mirzaev, di Istana Merdeka Jakarta, Senin (21/8).

Retno mengungkapkan bahwa Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menpora Malaysia Khairy Jamaluddin juga melakukan pertemuan.

"Di pertemuan itu, Menpora-nya (Malaysia) sudah minta maaf, tapi di situ Menpora-nya mengatakan kita sudah minta maaf dan akan ada permintaan resmi oleh Menlu Malaysia," ungkap Menlu.

Retno juga mengatakan bahwa Menpora Malaysia dan Menlu Malaysia juga sudah melakukan pertemuan serta komunikasi dan diputuskan Menlu Malaysia akan menyampaikan permintaan maaf secara resmi.

"Setelah pertemuan itu tidak lama kemudian terbit rilis yang dikeluarkan Dato Sri Anifah, Menlu Malaysia, yang kembali menyatakan maaf kepada Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia," kata Retno.

Seperti diberitakan, Panitia Penyelenggara SEA Games 2017 Malaysia (MASGOC) diketahui salah mencetak bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games ke-29 yang seharusnya Merah Putih menjadi putih merah.

Kesalahan cetak ini diketahui Menpora RI Imam Nahrawi bersama delegasi Indonesia yang hadir saat pembukaan SEA Games 2017, Sabtu (19/8).

Di media sosial Twitter dan Instagram, kesalahan pencetakan ini menjadi viral dan disesalkan warganet Tanah Air. (OL-2)

Baca Juga

Juni Kriswanto / AFP

Sidang DK PBB Soal Palestina-Israel Berakhir Tanpa Hasil

👤Mediaindonesia 🕔Senin 17 Mei 2021, 20:40 WIB
Pertemuan virtual pada Minggu (16/5) yang diikuti oleh pejabat Israel dan Palestina itu diinisiasi oleh China, Norwegia, dan...
Metro TV/Prasetyo Prayogo

Kerja Sama Antar-Parlemen Dorong Hubungan Indonesia-Uzbekistan

👤Prasetyo Prayogo 🕔Senin 17 Mei 2021, 20:16 WIB
Menurut Gobel, kunjungan itu terjadi karena latar belakang dari penduduk Indonesia dan Uzbekistan yang mayoritas...
Ilustrasi

AS Rilis Laporan Kebebasan Beragama Internasional 2020

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:30 WIB
AS berkomitmen untuk membela kebebasan beragama dan berkeyakinan, sejak berabad-abad lalu dan berlanjut sampai hari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya