Jumat 18 September 2015, 00:00 WIB

1948:Bunche Jadi Mediator PBB

History | BBC | Dok MI | Humaniora
1948:Bunche Jadi Mediator PBB

Wikipedia

 
RALPH Johnson Bunche dikenal sebagai seorang ilmuwan politik dan diplomat Amerika Serikat. Ia terlahir sebagai anak tukang cukur. Orangtuanya meninggal pada saat ia berusia 13 tahun.

Ralph dan saudarinya diambil neneknya dari pihak ibu ke Los Angeles. Harapan neneknya yang tak mau menyerah beserta kebijaksanaannya berpengaruh banyak terhadap diri Ralph.

Bunche kemudian menuntut ilmu di University of California, Los Angeles, dengan mendapat beasiswa dan lulus pada 1927.

Ia menerima gelar magister di Harvard University pada 1928 dan gelar doktor dalam ilmu pemerintahan dan hubungan internasional di Harvard pada 1934.

Disertasi doktoralnya memenangi penghargaan Tappan sebagai yang terbaik di bidang ilmu sosial tahun itu. Kemudian ia melanjutkan karier di bidang antropologi di Universitas Northwestern.

Bunche menjadi mediator PBB untuk Palestina dan Israel pada 18 September 1948. Pada 1949, ia berhasil merundingkan persetujuan gencatan senjata antara Israel dan empat negara Arab di sekitarnya. Untuk usahanya itu, ia memenangi Nobel Perdamaian pada 1950.

Sebagai tokoh Afrika-Amerika yang menonjol, ia pendukung gerakan HAM yang aktif dan vokal meskipun ia tak pernah mendapatkan jabatan penting dalam salah satu ormasnya.

Baca Juga

DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...
Ist

Pengamat: Perlu Edukasi Masyarakat Guna Hadapi Narasi Intoleransi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:35 WIB
Masyarakat juga harus dapat melek dan memilah informasi. Pasalnya, dewasa ini sudah menjadi tabiat yang melekat bahwa informasi sering...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya