Kamis 17 September 2015, 00:00 WIB

Jana Parengkuan Berharap Transportasi Publik Nyaman

Retno Hemawati | Humaniora
Jana Parengkuan Berharap Transportasi Publik Nyaman

MI/Retno Hemawati

 
BAGI model, bintang iklan, sekaligus pengusaha Jana Gunawanova Parengkuan, 39, menggunakan kendaraan pribadi mutlat. Alasannya, sarana transportasi umum maupun kondisi lalu lintas, khususnya di Jakarta sangat tidak nyaman dan aman. "Kondisi bus dan kendaraan umum kurang dijaga. Kadangkala mesin sudah harus diservis atau ada spare part yang diganti tetapi masih digunakan sehingga bermasalah di jalan umum dan mengganggu pengguna jalan lain. Ada juga masalah lain, sopir kendaraan umum juga sering ugal-ugalan dan tidak memperhatikan keselamatan penumpang," kata Jana ketika dihubungi, kemarin.

Kondisi itu, memaksa dirinya menggunakan kendaraan pribadi. "Kalau sangat macet, untuk mengantar anak-anak ke sekolah terpaksa harus pakai motor," kata istri Erwin Parengkuan ini. Namun, ia mengaku anak-anaknya yang kini sudah beranjak remaja, Giulio, 16, dan Marcio 13 terbiasa dengan angkutan umum. "Kalau tidak ada yang menjemput mereka pulang naik mikrolet, ojek, atau taksi Uber." Perempuan yang gemar traveling ini mengungkapkan harapannya agar kondisi lalu lintas dan sarana transportasi di Indonesia bisa nyaman layaknya di sejumlah negara maju.

"Misalnya ada kendaraan umum yang menghubungkan dari bandara sampai pusat kota atau centrum atau tempat lain sehingga orang tidak perlu susah payah menggunakan mobil pribadi," kata pemilik The Baked Goods itu. Istri Erwin Parengkuan itu mencontohkan mass rapid transit (MRT) sebagai moda transportasi yang memudahkan mobilitas. "Bagi yang suka traveling apalagi wisatawan mancanegara pasti suka dengan MRT dan akan lebih banyak lagi yang datang." Kemacetan yang sulit terurai sangat membuatnya gelisah. "Sekarang ini semakin hari semakin macet, sampai motor dan sepeda saja harus berhenti di jalan karena tidak bisa bergerak. Seharusnya ada jalur khusus untuk sepada misalnya atau bahkan pejalan kaki," kata perempuan yang jago membuat kue itu.

Petunjuk rute
Jana mengaku sangat menyukai transportasi publik di Cekoslowakia. Dirinya memang masih sering berkunjung ke negeri leluhurnya itu. "Di sana saya biasa naik bis dan kereta untuk ke berbagai tujuan karena waktunya yang terjadwal dan pasti. Selain itu, sarana angkutan umum di sana juga bersih dan nyaman sehingga bisa menimbulkan rasa aman." Bahkan, tambahnya, untuk berbagai petunjuk rute perjalanan mudah di dapat. "Yang saya suka, petunjuk dibuat dengan jelas, sederhana, mudah dipahami, sehingga orang asing sekalipun tidak akan kesasar," tutup dia.

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya