Selasa 15 September 2015, 00:00 WIB

Anggar Tunda Penuaan Otak

Administrator | Humaniora
Anggar Tunda Penuaan Otak

duta

 
SELAIN sebagai pertahanan diri, olahraga anggar dapat menjaga fungsi otak tetap sehat dan memperlambat proses penuaan pada otak.

Penelitian terbaru itu dilakukan University of Rome, Roma, Italia, dengan melibatkan 20 atlet anggar dan 20 nonatlet yang berusia rata-rata 50 tahun.

Para peneliti memberikan dua tes yang mengukur akurasi dan waktu reaksi para peserta untuk mengetahui fungsi kognitif mereka. Hasil penelitian mengungkapkan kelompok atlet anggar jauh lebih baik dalam kedua tes tersebut.

Pemimpin penelitian Francesco Di Russo mengatakan olahraga anggar membutuhkan keputusan yang cepat dan tepat, serta menuntut perhatian visual dan fleksibilitas yang tinggi. Hal itu dapat meningkatkan fungsi kognitif seperti fokus, berpikir, dan mengingat. Bahkan, Di Russo menambahkan, anggar dapat memperlambat proses penuaan pada otak.
Penelitian yang dipimpin Di Russo tersebut diterbitkan dalam jurnal Medicine and Science in Sport and Exercise. (Washingtonpost/Pra/X-6)



Baca Juga

Ilustrasi

Gempa Guncang Selatan Jabar, BMKG Pastikan tak Berpotensi Tsunami

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 28 Januari 2022, 09:08 WIB
Episenter gempa terletak pada koordinat 8,81° LS ; 108,09° BT tepatnya di laut pada jarak 130 km arah selatan Pangandaran, Jawa...
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Sulawesi, Pusat Lokasi Penemuan Spesies Baru

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 28 Januari 2022, 08:47 WIB
Dari keseluruhan penemuan tersebut, hampir sebagian besar spesies baru yang ditemukan merupakan endemik flora dan fauna dari lokasi...
dok.ist

Ringankan Beban Mitra GRP Bagikan 5.500 Paket Sembako

👤mediaindonesia.comWika Salurkan Paket Sembako ke Jemaat HKBP Jatisampurna 🕔Jumat 28 Januari 2022, 07:43 WIB
KALI ini produsen baja nasional di Cikarang, Jawa Barat tersebut, memberikan bantuan sembako kepada sekitar 5.500 karyawan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya