Jumat 09 September 2016, 07:10 WIB

KIDi Target Ciptakan 2.000 Praktisi Digital

Faisol Taselan | Humaniora
KIDi Target Ciptakan 2.000 Praktisi Digital

Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Jawa Timur mengikuti workshop Konten Informasi Digital (KIDi) Seri 5 di Univeritas Ciputra Surabaya---MI/Faisol Taselan

 

RATUSAN mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Jawa Timur, antusias untuk menjadi generasi digital lewat workshop Konten Informasi Digital (KIDi) Seri 5 di Univeritas Ciputra Surabaya, kemarin (Kamis, 8/9).

Acara yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Media Grup itu merupakan workshop kelima dari sembilan yang melibatkan 70 universitas berjurusan desain komunikasi visual.

Antusiasme peserta semakin bertambah saat sejumlah narasumber memaparkan prospek serta strategi informasi di era digital. "Kami ingin melihat potensi generasi muda sekarang yang cenderung ke digital, sehingga pesan yang disampaikan tidak hanya manual, tapi juga melalui media sosial," kata Kasubdit Pengolahan Informasi, Ditjen Informasi Publik Kemenkominfo Nursodik Gunarjo di Surabaya.

Universitas Ciputra menjadi tempat seri ke-5 pelaksanaan Workshop KIDi 2016. Sebanyak 27 kelompok yang terdiri dari lebih 200 orang peserta yang berasal dari 7 kampus di Surabaya mengikuti ajang itu.

Sebelumnya, workshop itu telah digelar di Universitas Multimedia Nusantara di Tangerang Selatan berlanjut di Universitas Pancasila, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Atmajaya Yogyakarta. "KIDi mempunyai target menciptakan 2.000 praktisi digital, khususnya dari kalangan mahasiswa yang sekarang sangat akrab dengan era digital," katanya.

Menurutnya, acara yang diinisiasi Media Indonesia dan Kemenkominfo itu bertujuan memantik produksi konten informasi digital, yang inspiratif dan komunikatif.

Lebih lanjut, produk dari workshop itu diharapkan dapat berperan dalam proses diseminasi program pemerintah ke masyarakat sehingga tercipta informasi positif secara viral di masyarakat.

Pada saat workshop berlangsung, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk menciptakan kreasi sendiri melalui diskusi kelompok yang kemudian dipaparkan. Empat seri pelaksanaan KIDi di 2016 akan dilaksanakan di Kota Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.(FL/H-3)

Baca Juga

Dok Pribadi

Habis Kunker, Erick Thohir Langsung Jenguk Dorce Gamalama di RS Pertamina

👤Mediaindonesia 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 20:52 WIB
"Ketika mendengar kabar ini, saya langsung menjenguk sekaligus memastikan pelayanan terhadapnya berjalan baik," ujar...
DOK. Polda NTT

Satgas Sebut Daerah yang Tidak Patuhi Prokes Terus Bertambah

👤 Atalya Puspa 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 20:00 WIB
Penerapan protokol kesehatan secara disiplin dan konsisten mutlak dibutuhkan di tengah peningkatan mobilitas penduduk, agar tidak terjadi...
Dok Geber Donor Darah

Keberatan Tes PCR Pada Penumpang Pesawat Akan Direspons dalam Pengumuman PPKM

👤Iis Zatnika 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 19:31 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan akomodatif terhadap keberatan sejumlah pihak tentang kewajiban tes PCR bagi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya