Jumat 09 September 2016, 07:10 WIB

KIDi Target Ciptakan 2.000 Praktisi Digital

Faisol Taselan | Humaniora
KIDi Target Ciptakan 2.000 Praktisi Digital

Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Jawa Timur mengikuti workshop Konten Informasi Digital (KIDi) Seri 5 di Univeritas Ciputra Surabaya---MI/Faisol Taselan

 

RATUSAN mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Jawa Timur, antusias untuk menjadi generasi digital lewat workshop Konten Informasi Digital (KIDi) Seri 5 di Univeritas Ciputra Surabaya, kemarin (Kamis, 8/9).

Acara yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Media Grup itu merupakan workshop kelima dari sembilan yang melibatkan 70 universitas berjurusan desain komunikasi visual.

Antusiasme peserta semakin bertambah saat sejumlah narasumber memaparkan prospek serta strategi informasi di era digital. "Kami ingin melihat potensi generasi muda sekarang yang cenderung ke digital, sehingga pesan yang disampaikan tidak hanya manual, tapi juga melalui media sosial," kata Kasubdit Pengolahan Informasi, Ditjen Informasi Publik Kemenkominfo Nursodik Gunarjo di Surabaya.

Universitas Ciputra menjadi tempat seri ke-5 pelaksanaan Workshop KIDi 2016. Sebanyak 27 kelompok yang terdiri dari lebih 200 orang peserta yang berasal dari 7 kampus di Surabaya mengikuti ajang itu.

Sebelumnya, workshop itu telah digelar di Universitas Multimedia Nusantara di Tangerang Selatan berlanjut di Universitas Pancasila, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Atmajaya Yogyakarta. "KIDi mempunyai target menciptakan 2.000 praktisi digital, khususnya dari kalangan mahasiswa yang sekarang sangat akrab dengan era digital," katanya.

Menurutnya, acara yang diinisiasi Media Indonesia dan Kemenkominfo itu bertujuan memantik produksi konten informasi digital, yang inspiratif dan komunikatif.

Lebih lanjut, produk dari workshop itu diharapkan dapat berperan dalam proses diseminasi program pemerintah ke masyarakat sehingga tercipta informasi positif secara viral di masyarakat.

Pada saat workshop berlangsung, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk menciptakan kreasi sendiri melalui diskusi kelompok yang kemudian dipaparkan. Empat seri pelaksanaan KIDi di 2016 akan dilaksanakan di Kota Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.(FL/H-3)

Baca Juga

Antara

Kuartal III 2022, Vaksin Merah Putih Ditargetkan Dapat EUA

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:45 WIB
Saat ini, LBM Eijkman sudah menyelesaikan fase research and developement untuk vaksin Merah Putih, serta berhasil membuat bibit...
dok.UWG

Kampus Widyagama dan Kodam V Brawijaya Gelar Vaksinasi Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:41 WIB
UNIVERSITAS Widyagama bekerjasama dengan Kodam V Brawijaya ikut mendukung percepatan vaksinasi covid-19 pemerintah dengan menggelar...
Antara

Satgas Covid-19 : Kedisiplinan Memakai Masker Turun

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:05 WIB
HASIL Monitoring Kepatuhan Protokol Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19, memperlihatkan adanya penurunan kedisiplinan memakai masker di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya