Rabu 22 Maret 2023, 21:41 WIB

Srikandi Ganjar Sulsel Ciptakan Peluang Usaha dengan Kombucha

mediaindonesia.com | Humaniora
Srikandi Ganjar Sulsel Ciptakan Peluang Usaha dengan Kombucha

dok.ist
Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan menggelar "composting dan workshop membuat kombucha" di Kebun Tetangga Samata, Kelurahan Romang Lompoa, Kec

 

IDE-ide kreatif dan inovasi terus ditelurkan para srikandi pendukung Ganjar Pranowo agar berdampak positif bagi masyarakat dan perempuan milenial Indonesia.

Berkolaborasi bersama Komunitas Berkebun Samata, kali ini Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan menggelar kegiatan bertajuk "composting dan workshop membuat kombucha" di Kebun Tetangga Samata, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bonto Marannu, Kabupaten Gowa, kemarin.

Pada kesempatan ini, para peserta diajak membuat kombucha menggunakan wadah toples dengan mencampurkan sejumlah bahan seperti teh, starter, dan scoby.

"Kombucha merupakan teh fermentasi yang kita olah menggunakan scoby yang difermentasikan kurang lebih 14 hari. Jadi memang benar-benar kita mengasah keterampilan milenial," ucap Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sulsel, Nurul Awainah.

Scoby (Symbiotic culture of bacteria and yeast) merupakan metabolit sekunder berbentuk bulat pipih seperti piringan, bertekstur kenyal serta berwarna keruh ini digunakan untuk membantu proses fermentasi kombucha.

Minuman teh probiotik ini memiliki rasa yang asam dan sedikit manis, menyegarkan serta bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Bila ingin memperkaya rasa dari kombucha, lanjut Nurul, para peserta juga bisa menambahkan beberapa potongan buah segar seperti nanas, dan lain-lain.

Selain edukasi, Nurul berharap inovasi membuat produk olahan kombucha ini dapat menjadi ide segar para perempuan milenial menjadikan peluang bisnis baru khususnya di Kabupaten Gowa.

"Memang betul bisa menjadi peluang usaha karena teh ini banyak sekali untuk kesehatan karena mengandung anti oksidan yang tinggi utamanya bisa diminum juga untuk penderita kanker," ungkap Nurul.

Tak hanya itu, para peserta juga diajak untuk merasakan esensi berkebun memetik kembang telang yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Salah satu peserta dalam acara, Siti Arbainah atau akrab disapa Ina (21) mengaku kegiatan ini bisa menginspirasi muda-mudi lebih berdaya maupun  menjaga daya tahan tubuh.

"Tadi diperkenalkan tanaman bunga telang terus kaya ini kombucha yang bermanfaat ya, kombucha itu ternyata bagus untuk kesehatan. Kayanya menarik sih untuk dikembangkan (menjadi bisnis)," jelas Ina.(N-3)

Baca Juga

Ist

Blackmores dan Guardiian Dukung ASI Berkualitas untuk Sehatnya Bunda dan Si Kecil

👤Media Indonesia 🕔Selasa 26 September 2023, 23:36 WIB
Penting bagi calon ibu memperhatikan asupan nutrisi sejak 1000 hari pertama kehidupan (HPK) sang janin demi mendukung kesehatan ibu dan...
Ist

Tingkatkan Kesehatan Reproduksi, Kampanye Bayer For Her Diluncurkan

👤Media Indonesia 🕔Selasa 26 September 2023, 23:12 WIB
Sebagai pemimpin di bidang kesehatan perempuan, Bayer berkomitmen meningkatkan pengetahuan dan kesadaran perempuan terkait...
HP

Kemenparekraf Gelar Open Call Program IndoBisa 2023

👤Widhoroso 🕔Selasa 26 September 2023, 22:44 WIB
KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Senin (25/9) menggelar Open Call Program IndoBisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya