Kamis 19 Januari 2023, 23:12 WIB

Biaya Pendidikan Tak Lagi Jadi Beban Dengan KIP-Kuliah Jokowi

Widhoroso | Humaniora
Biaya Pendidikan Tak Lagi Jadi Beban Dengan KIP-Kuliah Jokowi

DOK MI
Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

 

MANFAAT Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sangat besar. Berkat program tersebut, biaya pendidikan di perguruan tinggi tidak lagi menjadi beban bagi masyarakat Indonesia.

Anggota DPR RI Himmatul Aliyah mengapresiasi realisasi program KIP-Kuliah dari Jokowi. Melalui KIP-Kuliah, ia menilai masyarakat kurang mampu mendapat kesempatan untuk bisa meraih pendidikan setinggi tingginya dengan seluruh biaya ditanggung oleh pemerintah.

"KIP ini tentunya sangat bagus dan memerataan pendidikan bagi mereka yang dalam kategori belum mampu menyekolahkan anaknya. KIP ini sangat membantu bagi mereka yang mendapatkan," ujar Himma.

Ia menerangkan program KIP-Kuliah tersebut telah menjangkau masyarakat hingga ke daerah-daerah sehingga pemerataan pendidikan dapat diwujudkan. Ditambahkan, apresiasi dari masyarakat untuk pemerintah mengalir atas realisasi program tersebut.

"Alhamdulillah di dapil saya pun di DKI Jakarta II itu sudah banyak mendapatkan KIP dari jalur pemerintah maupun jalur aspirasi. Saya sendiri banyak mendapat ucapan terima kasih dan pengaduan dari masyarakat yang sudah mendapatkan KIP ini," jelasnya.

Presiden Jokowi melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengalokasikan anggaran sebesar Rp10,3 triliun untuk program KIP-Kuliah. Jumlah tersebut dialokasikan untuk  780.014 mahasiswa di seluruh Indonesia.

Nominal bantuan yang diberikan pemerintah melalui KIP-Kuliah tergantung akreditasi prodi. Untuk akreditasi A mendapat bantuan Rp12 juta per semester, akreditasi B Rp4 juta, akreditasi C Rp2,4 juta per semesternya. Selain biaya pendidikan, penerima manfaat KIP-Kuliah juga mendapat bantuan hidup selama menjadi dengan nominal Rp800 ribu hingga Rp1,4 juta per bulan. (OL-15)

Baca Juga

dok.ist

Srikandi Ganjar ikut Tekan Angka Perempuan Putus Sekolah di Jabar

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 10:09 WIB
KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencatat pada tahun ajaran 2020/2021 ada ribuan anak putus...
dok.Isr

Pada 2022, Aircraft Cleaning PT GDPS Temukan Barang Penumpang Capai Rp300 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:55 WIB
SIKAP menjunjung tinggi nilai integritas Aircraft Cleaning PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS) menunjukkan hasil yang baik di tahun...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko S

Peringati Hari Lahan Basah Sedunia, KLHK Tanam 30 Ribu Mangrove

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:37 WIB
Tidak hanya menanam mangrove, KLHK bersama mitra menyemai bibit kerang sebanyak 20 ribu bibit yang kondisinya sehat dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya