Minggu 15 Januari 2023, 20:39 WIB

Ini Cara Mengobati Luka Bakar yang Menggelembung

Meilani Teniwut | Humaniora
Ini Cara Mengobati Luka Bakar yang Menggelembung

medcom.id/medical news today
ilustrasi luka bakar

 

LUKA bakar bisa terjadi sewaktu-waktu, seperti ketika memasak di dapur lalu cipratan minyak goreng mengenai kulit.

Nah, luka bakar merupakan kondisi terjadinya kerusakan pada permukaan kulit akibat panas yang mengenai kulit secara langsung. Risiko luka bakar bisa terjadi karena adanya kontak langsung dengan sumber panas seperti setrika, korek api, percikan air mendidih dan terpapar bahan kimia.

Pada dasarnya, luka bakar bisa dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:

- Luka bakar derajat satu (terjadi di lapisan kulit atas saja).
- Luka bakar derajat dua (lapisan luar dan lapisan bahwa kulit).
- Luka bakar derajat tiga (tidak terbatas areanya). Gangguan ini bisa menimbulkan bekas yang berkepanjangan. Ini karena kolagen yang diproduksi untuk memperbaiki kulit terbakar akan menimbulkan bekas berupa kulit yang menebal dan berubah warna.

Nah, setelah memahami 3 tingkatan luka bakar, berikut ini kita akan membahas tentang cara yang aman untuk mengobati luka bakar yang menggelembung yakni sebagai berikut.

1. Cara mengobati luka bakar

Luka bakar bisa terjadi kapan saja. Berikut ini adalah cara mengobati luka bakar yang tepat agar tidak semakin parah.

a. Mengalirkan air pada titik luka

Ketika kulit baru saja terpapar sumber panas seperti setrika atau penggorengan panas, kamu harus segera mengalirkan air dingin selama kurang lebih 30 menit pada daerah yang terkena. Alirkan air dengan suhu yang normal atau suhu ruangan, yakni tidak dingin dan tidak juga panas.

Teknik mengaliri air ke titik kulit yang terkena panas dilakukan agar suhu air selalu konstan, jadi tidak mengikuti suhu tubuh. Hal ini juga bertujuan agar panas yang timbul akibat luka bakar tidak menjalar ke jaringan yang lebih dalam.

b. Lepaskan aksesori yang digunakan

Jika ketika mengalami luka bakar kamu sedang menggunakan aksesori maka segera lepaskan semua aksesori tersebut saat itu juga. Kamu harus melepaskan aksesori seperti jam tangan, cincin, gelang, atau kalung yang menutupi atau berada di sekitar area luka bakar. Melepaskan semua aksesori ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh yang terkena panas.

c. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat sebagai antiinflamasi juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan menghambat pertumbuhan bakteri di area luka. Kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada area luka bakar hingga beberapa kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

d. Menggunakan madu

Cara mengobati luka bakar selanjutnya yaitu dengan mengoleskan madu pada area yang terluka. Madu ini juga dapat digunakan untuk memberikan pertolongan pertama pada luka bakar. Sifat antiinflamasi dan antibakteri pada madu ini dapat menghindarkan kulit dari infeksi yang mungkin terjadi. Tak hanya itu, madu juga dapat mengurangi rasa sakit yang timbul akibat luka bakar.

e. Menggunakan kulit pisang

Cara mengobati luka bakar yang terakhir adalah dengan kulit pisang. Yup! Mungkin bahan yang satu ini terdengar aneh, tetapi kulit pisang yang diletakkan pada luka bakar ternyata bisa meredakan rasa sakitnya. Bahkan, para peneliti menyarankan untuk meletakkan kulit pisang pada luka bakar hingga kulit pisang berubah hitam.

2. Apakah gelembung pada luka bakar boleh dipecahkan?

Gelembung umumnya muncul saat masa pemulihan luka bakar. Meskipun terlihat menganggu, sebaiknya Kamu tidak memecahkan lepuhan tersebut  karena berisiko menimbulkan infeksi.  

Namun, tidak dapat dipungkiri apabila lepuhan kulit tersebut sebaiknya perlu dipecahkan juga. Hal ini lantaran gelembung ternyata bisa mendukung perkembangbiakan bakteri atau kuman penyakit.

Melansir dari hellosehat, British Burns Association menyarankan untuk memecahkan gelembung luka bakar yang ukurannya melebihi besar jari kelingking pasien (lebih dari 0,6 sentimeter).

Sementara gelembung yang berukuran lebih kecil boleh dibiarkan dan mendapatkan perawatan luka bakar di rumah hingga sembuh.

Prosedur pemecahaan gelembung luka bakar ini disebut dengan deroofing. Akan tetapi, Anda tidak boleh memecahkan gelembung luka bakar sendiri.

Cara mengobati luka bakar yang menggelembung melalui deroofing hanya boleh dilakukan oleh dokter atau petugas medis.(OL-5)

Baca Juga

Dok Privy

Privy Dukung Sentra Vaksin Booster Kedua Kemenparekraf

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:14 WIB
Kemenkes RI bersama dengan Kemenparekraf didukung oleh Privy saat ini melakukan gerak cepat untuk melaksanakan vaksinasi booster...
MI/Retno Hemawati

BRIN Akuisisi Pengetahuan Lokal Jadi Sumber Literasi Sains Publik

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:13 WIB
Program akuisisi pengetahuan lokal diharapkan memicu kreativitas periset di lingkungan BRI untuk meneliti, mengembangan, mengkaji suatu...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menkes Ingin Kasih Hadiah ke Presiden dengan Turunkan Stunting

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 01 Februari 2023, 14:57 WIB
Kemenkes dan jajaran Pemprov DKI bakal mematangkan rencana aksi penurunan stunting. Sehingga pekan depan, rencana aksi itu bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya