Minggu 15 Januari 2023, 12:05 WIB

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Terbakar Hebat

Naufal Zuhdi | Humaniora
Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Terbakar Hebat

ANTARA/ Jojon/ Foto ilustrasi
KARHUTLA: Personel Manggala Aqni Daop Sulawesi III berusaha memadamkan Karhutla, di TN Rawa Aopa Watumohai, yang dua tahun lalu juga terbaka

 

KAWASAN savana Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TN-RAW) di Desa Lombakasih, Kecamatan Lantari Jaya, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terbakar. Petugas masih mencari penyebab kebakaran tersebut.

Kepala Balai TN-RAW Ali Bahri, mengatakan kebakaran di kawasan taman nasional di wilayah kerjanya terjadi pada Sabtu siang pukul 13.00 WITA. "Ya terjadi kebakaran sejak siang tadi pukul 13.00 WITA, hingga saat ini tim masih melakukan upaya pemadaman api," katanya Minggu (15/1).

Dia menyampaikan kawasan yang terbakar cukup luas dan pihaknya belum bisa menyebut secara pasti berapa luas kawasan savana yang dilalap api. Faktor angin yang kencang menyebabkan api cepat meluas.

Ia mengakui pihaknya sedikit mengalami kesulitan dalam melakukan upaya pemadaman api karena kondisi medan yang cukup sulit diakses oleh armada pemadam. "Luasan kawasan yang terbakar belum bisa dihitung secara pasti tetapi memang cukup luas karena pengaruh angin kencang, bahan bakar alang-alang kering dan sulitnya mobilitas tim pemadam untuk melakukan pemadaman," ujar Ali.

Ali menyebut untuk penyebab kebakaran pihaknya belum mengetahui secara pasti, namun pihaknya menduga dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. "Dugaan penyebab kebakaran belum dapat dipastikan sementara kita lakukan pulbaket penyebabnya, tetapi kemungkinan besar penyebabnya oleh oknum yang membakar, sedang kita lakukan pulbaket," tutur Ali.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang melintas di kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai agar bersama-sama peduli dan mau menjaga kawasan taman nasional tersebut, mengingat kawasan tersebut rentan dari api. (Ant/H-1)

Baca Juga

Antara/Maulana Surya.

Punya Urusan? Baca Basmalah dan Rahasia Angka 19

👤Meilani Teniwut 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:17 WIB
Ada sejumlah zikir, doa, atau amalan untuk memudahkan umat Islam dalam menyelesaikan suatu...
MI/VICKY GUSTIAWAN

Resmi Dibuka, OSC 2023 Sediakan 80 Beasiswa Penuh Jenjang S2

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:04 WIB
Untuk OSC S2 tahun ini tersedia 80 beasiswa penuh untuk studi S2. Peserta dapat memilih 11 perguruan tinggi swasta unggulan di 5 kota yakni...
AFP

DPR Minta BPKH Ikuti Arab Saudi, Menjadikan Haji Sebagai Bisnis

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 09 Februari 2023, 15:57 WIB
Ia juga meminta agar BPKH saat ini mengikuti paradigma baru Arab Saudi, bahwa haji bukan hanya sekadar ibadah, tapi juga bisa menjadi ruang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya