Jumat 13 Januari 2023, 22:36 WIB

Model Baju Changsan untuk Perayaan Imlek Tahun 2023

Meilani Teniwut | Humaniora
Model Baju Changsan untuk Perayaan Imlek Tahun 2023

Antara/FB Anggoro.
Sejumlah warga mengenakan baju tradisional untuk menggambarkan dewa saat meramaikan pawai merayakan Tahun Baru Imlek keenam.

 

HARI perayaan Imlek memang sudah dinanti oleh masyarakat Tionghoa, termasuk yang ada di Indonesia. Sama seperti hari besar lain, saat Imlek semua anggota berkumpul dan berbagi rezeki untuk berbagi amplop berisikan uang.

Saat cara ini berlangsung, memilih busana yang tepat perlu Anda ketahui. Sebaiknya cari inspirasi baju Imlek yang pas sesuai selera. Dengan demikian, Anda akan tetap merasa nyaman dengan pilihan baju tersebut.

Apalagi ketika momen undangan makan bersama keluarga Tionghoa. Hal ini juga menuntut Anda harus bisa memilih tampilan busana secara tepat. Dengan demikian saat acara Imlek berlangsung, Anda akan tampil cantik dan menawan.

Dengan demikian, memasuki waktu Imlek, banyak masyarakat untuk mempersiapkan berbagai keperluan hari raya seperti berbelanja bahan makanan untuk membuat menu tradisional Tiongkok, menyiapkan pernak-pernik untuk dekorasi rumah, menyiapkan angpao, dan berburu Cheongsam dan Changsan. Lalu, apa sih yang di maksud dengan Cheongsam dan Changsan? 

Pengertian baju cheongsam

Baju cheongsam atau dikenal dengan sebutan lain qipao adalah salah satu jenis kostum tradisional perempuan Tiongkok. Pakaian dicirikan oleh kerah berdiri, membuka sisi kanan, pas pinggang, dan tergelincir bawah. Ini sepenuhnya dapat memicu keindahan bentuk tubuh perempuan. 

Cheongsam berasal dari chèuhngsāam, (Simp/Trad Cina:.. 长衫 / 長衫, 'kemeja panjang / baju'), pengucapan Kanton dari zǎnze jangka Shanghai atau zansae atau bentuk ketat asli pertama kali dikenal. Nama Shanghai agak kontras dengan penggunaan dalam bahasa Mandarin dan dialek Tiongkok lain. Changshan (Mandarin pengucapan 長衫) mengacu pada gaun eksklusif laki-laki dan versi perempuan dikenal sebagai qipao.

Pengertian baju changsan 

Selain baju Cheongsam, baju Changshan juga menjadi salah satu baju imlek yang sangat identik dengan perayaan tahun baru bagi warga ethnis Tionghoa. Changshan merupakan baju khas tradisional orang Tiongkok yang khusus digunakan oleh kaum laki-laki. Jika baju Cheongsam digunakan oleh kaum wanita,  baju ini digunakan oleh kaum laki-laki.

Kata Changshan yang berasal dari Piyin Changshan yang diartikan sebagai baju panjang. Membuat baju ini sangat identik dengan orang Tiongkok zaman dulu. Dulunya baju ini menjadi salah satu pakaian resmi yang banyak digunakan oleh kaum laki-laki untuk menghadiri beberapa acara. Bahkan penggunaan baju ini juga menunjukan kasta seseorang. Baju Changshan menjadi salah satu pakaian yang digunakan oleh kalangan kelas atas.

Di abad ke-17 hingga ke-20, baju Changshan menjadi pakaian wajib yang harus dikenakan oleh kaum laki-laki. Bagi setiap laki-laki yang tidak mengenakan baju ini, mereka akan dikenakan sanksi hukuman. Namun seiring perkembangan zaman, peraturan tersebut mulai dihilangkan bersamaan runtuhnya dinasti Qing pada masa itu.

Saat ini baju Changshan banyak dimodifikasi dengan berbagai model pakaian ala zaman sekarang. Namun meskipun sudah memiliki model yang beragam, model khas dari pakaian ini masih tetap dipertahankan. Karenanya, modelnya masih terlihat layaknya baju tradisional khas Tiongkok. Bahkan saat ini baju imlek anak juga sudah banyak yang menggunakan model dari baju Changshan ini.

Model baju Imlek cheongsam untuk tahun kelinci 2023

Perpaduan busana yang cantik juga terkesan menarik mampu membuat gaya Anda semakin fashionable. Untuk Anda yang masih bingung dalam memilih model busana, jangan khawatir.

Anda bisa merawat dan menjaganya semenarik mungkin. Berikut inspirasi menarik bagi Anda yang ingin tampil sempurna.

1. Busana warna cerah.

Sama seperti hari besar lain, Imlek menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh keluarga Tionghoa. Untuk itu, tidak sedikit dari mereka yang menyiapkan berbagai keperluan, termasuk dalam hal pemilihan baju Imlek.

Jika biasanya Imlek identik dengan warna merah, kini Anda bisa memilih warna cerah lain. Selain warna merah, Anda bisa mengganti dengan warna berani lain. Misalnya hijau atau kuning. Dengan memilih inspirasi baju Imlek yang tepat, penampilan tidak akan membosankan.

2. Busana warna gold.

Ada banyak inspirasi menarik untuk Anda yang merayakan Imlek. Selain itu, dengan tips tepat dalam memilih busana membuat kesan cantik dan glamour bisa Anda temukan.

Alternatif warna lain yang bisa Anda jadikan inspirasi yaitu warna gold. Anda bisa menemukan desain yang tepat.

3. Busana warna merah.

Imlek identik dengan warna merah pada bagian busananya. Warna merah pada pilihan busana ini dianggap luck atau pembawa keberuntungan.

Tidak mengherankan jika Imlek identik dengan busana warna merah. Anda bisa memilih model yang tepat untuk bisa tampil cantik dan anggun.

Agar tidak terkesan monoton, Anda bisa memilih gaun merah yang ada bordir atau kain motif. Karenanya, baju Imlek ini menjadi inspirasi gaya berbusana masa kini. Sebaiknya sesuaikan menurut selera dan kenyamanan masing-masing.

4. Busana cheongsam.

Jenis busana yang satu ini untuk merayakan ketika tahun baru China datang. Busana khas Tionghoa yang dulunya untuk acara besar, kini Anda masih bisa menggunakannya. Dengan memilih busana yang tepat, tentu membantu tampilan semakin fashionable termasuk inspirasi Imlek terbaru. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Vaksinasi Covid-19 Bayi 6 bulan Diberikan Triwulan Kedua, Gunakan Pfizer

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:45 WIB
VAKSINASI covid-19 untuk kelompok usia 6 bulan ke atas diperkirakan akan dimulai pada triwulan kedua 2023 karena mempertimbangkan kesiapan...
Antara

Pemerintah Galakkan lagi Program Posyandu Aktif di April 2023

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:45 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) akan menggerakkan kembali masyarakat agar mengecek kondisi bayi di posyandu melalui Program Posyandu Aktif...
MI/Susanto

Gerak Nuklir Sebagai Sumber Energi Terbarukan di Indonesia Terhambat karena Ini

👤Muhammad Anugrah Ramadhan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:30 WIB
PEMANFAATAN nuklir di Indonesia diyakini menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang potensial untuk bisa dimanfaatkan demi mencapai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya