Kamis 12 Januari 2023, 21:45 WIB

Antrian Daftar Tunggu Haji Di Tangsel Mencapai 27 Tahun

Pengirim: Syarief Oebaidillah | Humaniora
Antrian Daftar Tunggu Haji Di Tangsel Mencapai 27 Tahun

AFP
Ilustrasi

 

SAAT ini, jumlah antrean calon jemaah haji di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten sekira 30 ribu jemaah. Hal ini membuat daftar tunggu atau waiting list keberangkatan haji asal Tangsel mencapai 27 tahun.

"Jadi, jika calon jemaah haji mendaftar hari ini, daftar tunggu sampai 27 tahun ke depan. Untuk rentang usia pendaftar saat ini kebanyakan usia produktif antara 40-50 tahun. Memang ada yang 60 tahun tapi tidak banyak," ujar Bahtra, Kasie PHU Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tangsel, Kamis (12/1).

Bahtra mengungkap, untuk mendaftar calhaj usia minimal pendaftar berusia 12 tahun tanpa batasan umur maksimal. Saat ini Pemerintah Arab Saudi, juga telah mengizinkan semua usia berangkat haji dengan syarat telah vaksin lengkap.

Yang kami ketahui dari informasi pusat, lanjut dia, tahun ini tidak ada batasan usia oleh Pemerintah Arab Saudi.  "Syarat sudah vaksin lengkap, melunasi ongkos naik haji, calhai bisa berangkat. Ketika berangkat dia sehat jasmani dan rohani," jelasnya.

Lebih jauh, Bahtra mengatakan pada 2022 yang telah terdaftar sebanyak 2.301 calon haji. "Jika rerata pendaftar haji setiap harinya antara 9-11 orang,” ungkapnya.

Dikatakan hingga saat ini belum ada informasi resmi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Banten, untuk kuota haji 2023 bagi Kota Tangsel. Namun, secara nasional telah diumumkan kuota haji tahun ini sebanyak 221 ribu jemaah. "Tahun lalu kita berangkatkan 626 jemaah, semua berangkat dan kembali ke Tanah Air dengan selamat," tukasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya

Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:04 WIB
Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan...
Kemendikbudristek

Film Nasional kembali Wakili Indonesia di Festival Kelas Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:38 WIB
Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek, Hilmar Farid mengatakan kemampuan film nasional unjuk gigi di pentas internasional dapat memacu...
dok: Pantau Gambut

Seeking Tuan Guru, Sebuah Upaya Mengingatkan Manusia akan Identitas Budaya

👤Abdillah Muhammad Marzuqi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:36 WIB
Indonesia dan Afrika Selatan akan bekerja sama dalam sebuah program seni yang ditujukan sebagai sebuah usaha fundamental untuk menjaga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya