Selasa 10 Januari 2023, 09:50 WIB

Gempa Berkekuatan Magnitudo 7,9 Guncang Maluku

Humaniora | Humaniora
Gempa Berkekuatan Magnitudo 7,9 Guncang Maluku

BMKG/ TWITTER
POTENSI TSUNAMI: Hasil pemodelan tsunami dengan parameter update (Mw 7,5), tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

 

 

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis terjadinya gempa di Maluku yang terjadi pada Selasa 10 Januari 2023 pukul 00.47.34 WIB menggncang wilayah Pantai Utara Maluku Barat Daya, Maluku.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,37° LS ; 130,23° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 Km arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat, Maluku. Episenter berada pada kedalaman 130 km.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG,Daryono dengan melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah. Hasil analisis mekanisme sumber juga menunjukkan bahwa gempa Maluku memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempa Maluku M 7,9 tersebut menunjukkan adanya potensi tsunami dengan tingkat ancaman siaga dan waspada. Namun hasil pemodelan tsunami dengan parameter update (Mw 7,5), tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Sementara itu, berdasarkan observasi 4 Tide Gauge di sekitar sumber gempabumi yakni Seira, Adaut, Lirang, dan Larat, juga tidak menunjukkan adanya anomali atau perubahan tinggi muka air laut yang signifikan.

Dengan demikian BMK setelah dua jam mengamati perkembangan gempa tersebut memutakhirkan datanya dan menyebut gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami. Namun demikian masyarakat tetap diminta waspada.
Beberapa kerusakan rumah terjadi. Hingga kini berapa jauh dampak kerusakan dan kemungkinan adanya korban jiwa masih terus dipantau.(Ant/H-1)

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya

Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:04 WIB
Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan...
Kemendikbudristek

Film Nasional kembali Wakili Indonesia di Festival Kelas Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:38 WIB
Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek, Hilmar Farid mengatakan kemampuan film nasional unjuk gigi di pentas internasional dapat memacu...
dok: Pantau Gambut

Seeking Tuan Guru, Sebuah Upaya Mengingatkan Manusia akan Identitas Budaya

👤Abdillah Muhammad Marzuqi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:36 WIB
Indonesia dan Afrika Selatan akan bekerja sama dalam sebuah program seni yang ditujukan sebagai sebuah usaha fundamental untuk menjaga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya